Berita Bisnis

Selama Libur Hari Raya Idul Fitri, Bank Beroperasi Terbatas

Selasa, 28 Mei 2019 | 09:45 WIB
Selama Libur Hari Raya Idul Fitri, Bank Beroperasi Terbatas

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang dan selama libur Lebaran, sejumlah bank akan tetap menjalankan kegiatan operasional di beberapa kantor cabangnya secara terbatas. Cabang yang beroperasi lebih dikonsentrasikan yang ada di luar Jakarta.

PT Bank Mandiri Tbk, misalnya. Selama cuti bersama libur Lebaran 350 kantor cabang emiten anggota indeks Kompas100 ini akan beroperasi secara terbatas pada tanggal 1,3,4,6 dan 7 Juni 2019. Sedang pada akhir pekan, yakni tanggal 2,8,9 Juni 2019 layanan weekend banking Bank Mandiri tetap beroperasi seperti biasa.

Layanan perbankan yang disediakan masih terbatas antara lain pembukaan rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, kantor cabang yang akan beroperasi selama libur Idul Fitri akan lebih dikonsentrasikan di luar Jakarta. "Dengan asumsi banyak warga ibu kota yang akan mudik ke luar kota," ujarnya dalam keterangan pers, Senin (27/5).

Pada Idul Fitri hari kedua, yaitu 6 Juni 2019, kantor cabang di Jakarta yang beroperasi hanya lima cabang. Sedang di Jawa Tengah, ada 13 cabang yang beroperasi dan di Jawa Timur, ada 16 cabang yang buka.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pada tanggal 1,2,8 dan 9 Juni termasuk akhir pekan, membuka sebanyak 148 unit kerjanya. Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tri Baroto menjelaskan, untuk tanggal 1 dan 3 Juni 2019, unit kerja pembayaran gaji sebanyak 462 unit kerja akan tetap beroperasi di seluruh Indonesia. "Sementara pada tanggal 3,4,6 dan 7 Juni sebanyak 232 unit kerja beroperasi secara terbatas," kata Bambang.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut membuka layanan perbankan secara terbatas. Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto merinci, khusus pada tanggal 5 Juni 2019 BNI tutup. Sementara pada 6 Juni 2019 sebanyak 27 outlet beroperasi terbatas.

BNI juga memiliki 14 kantor cabang digital yang beroperasi secara penuh selama 1 Juni-4 Juni dan 6 Juni-8 Juni yang melayani pembukaan rekening, setor dan penarikan tunai melalui mesin cash recycling machine (CRM).

Terbaru