Berita Infografik

Seperti Ini Jenis dan Jumlah Cadangan Komoditas yang Dimiliki China

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 16:16 WIB
Seperti Ini Jenis dan Jumlah Cadangan Komoditas yang Dimiliki China

ILUSTRASI. Infografik: Cadangan komoditas yang dimiliki China.

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sebagai produsen sekaligus importir dan pengguna dari berbagai komoditas utama, China sangat membutuhkan kestabilan pasokan. Gangguan pasokan serta kenaikan harga sangat berdampak, tak cuma ke kinerja sektor manufaktur di negeri itu, tetapi juga ke kesejahteraan penduduk negeri tersebut.

Posisinya yang sangat sensitif terhadap perubahan pasokan, telah memicu China untuk memperketat pengawasan ke lalu lintas komoditas yang keluar-masuk wilayahnya. Beijing juga mengancam perusahaan yang melakukan perdagangan berbau spekulatif.

Strategi lain yang diterapkan China untuk menjinakkan fluktuasi harga komoditas belum lama ini adalah mengeluarkan stok yang dimilikinya. Ini, misalnya, dilakukan China untuk menekan fluktuasi harga tembaga, yang sempat melejit ke posisi tertinggi di tahun ini.

Aksi Pemerintah Tiongkok menjinakkan harga di pasar mengundang keingintahuan dunia. Seberapa besar sih stok komoditas yang tersimpan di gudang milik Pemerintah China? Berikut perkiraan tentang stok sejumlah komoditas, mulai logam, pangan hingga energi, yang dimiliki China, yang dirangkum Reuters. (Lihat infografik Cadangan Komoditas China). 

Baca Juga: Pelemahan rupiah tertahan harga komoditas yang masih menguat

Komoditas logam

Berdasarkan data pembelian China di masa lalu, analis memperkirakan China memiliki cadangan strategis tembaga di kisaran 1,5 juta hingga 2 juta ton. Negeri Tembok Raksasa itu juga memiliki timbunan stok alumunium hingga 900.000 ton dan seng hingga 400.000 ton.

Beijing juga menyimpan kobalt, yang merupakan bahan baku utama untuk baterai, sebanyak 7.000 ton. Komoditas lain yang distok Beijin adalah antimon, indium, germanium dan molybdenum oxide. Namun tidak diketahui besaran cadangan untuk keempat komoditas tersebut.

Selanjutnya
Halaman   1 2 3

Baca juga