Berita *Global

Setelah Beijing Menekan Perusahaan Digital, Sektor Ini Jadi Pilihan Investor di China

Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:36 WIB
Setelah Beijing Menekan Perusahaan Digital, Sektor Ini Jadi Pilihan Investor di China

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Tindakan keras regulator di China terhadap perusahaan digital mengubah peta investasi di negeri tersebut. Investor kini beralih ke semikonduktor, energi terbarukan, dan perusahaan yang berfokus ke konsumen dengan keyakinan bahwa mereka menawarkan perlindungan dari kebijakan pemerintah yang merugikan portofolio mereka.

Selama beberapa bulan terakhir, Beijing mengambil langkah keras terhadap perusahaan digital di berbagai sektor, mulai teknologi keuangan hingga bimbingan belajar.  Dan, pengelola uang memandang aksi itu sebagai bagian dari kebijakan Partai Komunis China yang ingin mengutamakan kemakmuran bersama, dan mengorbankan keuntungan pihak swasta.

Di saat raksasa online yang dibidik regulator, seperti Tencent dan Alibaba, kehilangan nilai pasar hingga miliaran dolar, harga saham perusahaan yang bergerak di jalur yang sesuai dengan reformasi pemerintah, mengalami penguatan.

Sejak Juni, misalnya, indeks saham energi bersih dan perusahaan semikonduktor China naik lebih dari 30% dibandingkan dengan penurunan 5% di pasar yang lebih luas dan penurunan 15% pada saham teknologi Hong Kong.

Baca Juga: Lagi digandrungi, beberapa negara gencar berinvestasi di bisnis e-sport

“Pembelian dilakukan semua jenis investor,” kata ahli strategi investasi senior Credit Suisse Suresh Tantia.

“Reksa dana investor asing, mereka masih perlu mengalokasikan uangnya di China karena mandat mereka sehingga mereka sekarang menempatkan dana di sektor yang sejalan dengan dukungan pemerintah," katanya.

Investor menelisik kabar di berbagai media pemerintah, pidato hingga buku Presiden Xi Jinping untuk mencari pedoman investasi yang baru. Dan, mereka menyimpulkan pengurangan emisi gas rumah kaca, sebagai sektor yang disukai penguasa di Beijing.

China kini mengusung tujuan untuk mencapai puncak emisi karbon pada tahun 2030 dan netralitas karbon pada tahun 2060. Agenda Beijing lainnya adalah mendorong permintaan domestik dan produksi dalam negeri.

Baca Juga: Media China kritik game online, Kekayaan CEO Tencent menyusut hingga Rp 200 triliun

“Ada (kendaraan listrik), energi terbarukan, semikonduktor dari sudut pandang swasembada. Kami melihat sektor-sektor ini dan melihat bahwa mereka dapat terus menerima dukungan," kata Alex Wolf, kepala strategi investasi di JP Morgan Private Bank.

“Satu lagi adalah upgrade manufaktur," katanya. "China sangat tertarik, dan mereka telah mengatakannya dalam rencana lima tahun, untuk mempertahankan manufaktur sebagai bagian tertentu dari ekonomi.”

Seperti manajer portofolio di Citi Private Bank dan BNP Paribas Wealth Management, Wolf lebih menyukai listing di daratan utama karena tidak terlalu terpapar pengawasan regulasi dan karena komposisi pasarnya jauh dari target seperti perusahaan teknologi atau internet.

“Ahli strategi ekuitas kami percaya bahwa dari waktu ke waktu, alam semesta MSCI China secara bertahap akan memiliki alokasi sektor yang lebih seimbang dengan bobot yang lebih rendah untuk internet dan bobot yang lebih tinggi untuk sektor-sektor seperti industri dan TI,” demikian kutipan dari catatan kepala ekonom Asia Morgan Stanley Chetan Ahya, pekan lalu.

Selanjutnya: BI Kembali Bakal Perluas Kerjasama LCS Dengan Tiga Negara Potensial

 

Terbaru