Berita Market

Setelah Terperosok Dalam, Harga Emas Hari Ini Naik Tipis

Kamis, 26 September 2019 | 20:16 WIB
Setelah Terperosok Dalam, Harga Emas Hari Ini Naik Tipis

ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas hari ini naik tipis lantaran investor kembali masuk ke pasar, setelah penurunan tajam pada hari sebelumnya.

Harga emas kemarin tergelincir sedalam 2% gara-gara ketidakpastian politik Amerika Serikat (AS) yang berasal dari penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump. Ini mendorong investor mencari tempat aman, yakni dolar.

"Orang-orang masih melihat dolar sebagai tujuan utama untuk keselamatan. Jadi, pada dasarnya dolar telah mengambil beberapa aliran safe-haven emas," kata Lukman Otunuga, Analis FXTM, kepada Reuters.

Baca Juga: Harga emas Antam sedang terkoreksi, saatnya membeli?

Indeks dolar naik ke puncak dalam tiga pekan terakhir, dan melayang-layang mendekati level tertinggi selama dua tahun belakangan di level 99,37

Mengacu Blommberg pukul 20:05 WIB, harga emas spot menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada Kamis (26/9), naik 0,35% menjadi US$ 1,509,21 per ons troi. Emas berjangka AS naik 0,15% ke posisi US$ 1.514,50.

"Pada dasarnya, level US$ 1.500 untuk emas bisa bertindak sebagai dukungan yang dapat menarik pembeli untuk mendorongnya lebih tinggi," kata Otunuga yang menambahkan, dolar bisa menyeret turun emas dalam jangka pendek.

Terbaru