Berita Special Report

Tawaran Repo Saham TOPS Berbunga 15%

Kamis, 05 April 2018 | 13:06 WIB

ILUSTRASI. Ilustrasi Cover Menaruh Investasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesal dan merasa tidak puas dengan bunga simpanan dan deposito Anda yang semakin mini? Jika iya, tidak ada salahnya Anda mencari instrumen alternatif yang menawarkan imbal hasil lebih tinggi.

Belakangan, banyak beredar tawaran investasi memanfaatkan tren penurunan bunga simpanan perbankan, diantaranya repurchase agreement (repo) saham. Repo saham diartikan sebagai kontrak jual-beli saham dengan janji membeli atau menjual kembali pada waktu dan harga yang telah ditetapkan. Selama periode repo, penjual akan memberikan imbalan bunga kepada pembeli. Penjual juga akan menambah (top up) jumlah saham, bila harga pasar saham yang menjadi jaminan turun hingga tingkat harga tertentu seperti yang telah disepakati. Meski legal, repo saham memiliki risiko tinggi. Maklum, efek yang menjadi jaminan repo, harganya berfluktuasi.

Salah satu contoh tawaran investasi repo datang dari PT OSO Sekuritas Indonesia (OSO). Seorang yang mengaku dirinya agen dari OSO, menawarkan repo saham PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) berbunga tetap 15% per tahun dengan minimal penempatan investasi Rp 250 juta. Jangka waktu penempatan beragam, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan yang bisa diperpanjang.

Tawaran bunga repo tersebut sangat menggiurkan. Maklum, data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) menunjukkan, bunga deposito 12 bulan rata-rata bank umum per Januari 2018 turun ke level 8,09%. Bandingkan dengan posisi pada tahun 2015 silam yang masih di level 9,67%.

Agen tersebut bilang, investor akan dibukakan sub rekening efek di OSO Sekuritas untuk menampung efek repo. Adapun besarnya nilai jaminan berkisar 200% dari total investasi. Investor juga bakal mendapat AKSes, yakni fasilitas yang disediakan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) guna memonitor efek miliknya yang tersimpan di sub rekening efek.

Sang agen menyatakan bukan karyawan OSO, melainkan perkerja lepas yang mendapat komisi kala sukses menjaring investor. Selama 2 tahun terakhir menawarkan repo saham TOPS, sang agen menyebut sukses menggaet dana investasi besar. “Dari repo TOPS, saya bisa kumpulkan dana investor sekitar Rp 60 miliar,” ujar sang agen saat dihubungi KONTAN, Selasa (27/3).

Selanjutnya sang agen menyebut, investor yang direkrutnya juga bisa menjadi agen seperti dirinya. “Total bunga dari saya 16%. Anda bisa pasarkan ke rekan atau relasi Anda dengan tawaran bunga antara 12%-13%. Selisih bunganya, Anda yang akan nikmati,” tutur sang agen.

Setelah selama 4 tahun lamanya menjadi broker repo, sang agen mengaku belum pernah gagal bayar. Namun sang agen tidak bisa menjawab, kemana dana investor itu diputar sehingga bisa memberikan imbal hasil yang tinggi bagi nasabah. “Saya tidak tahu dana itu diapakan. Itu urusan penerbit repo. Tugas saya hanya menawarkan,” tukasnya.

Reporter: Yuwono Triatmodjo
Editor: Yuwono triatmojo


Baca juga