Berita Global

Tencent Mengakuisisi Saham Minoritas Bank Digital asal Inggris

Minggu, 02 Januari 2022 | 15:30 WIB
Tencent Mengakuisisi Saham Minoritas Bank Digital asal Inggris

ILUSTRASI. Logo Tencent muncul di saat World Internet Conference (WIC) di Wuzhen, Provinsi Zhejiang, China, 23 November 2020. REUTERS/Aly Song/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALUR. Konglomerasi asal China Tencent Holdings Ltd membeli sebagian kecil saham Monzo dengan ambil bagian dalam putaran pendanaan, demikian pernyataan bank digital asal Inggris itu pada Jumat (31/12). Beberapa pekan sebelumnya, Monzo mengantongi penilaian senilai US$ 4,5 miliar.

Monzo tidak mengungkapkan secara rinci saham Tencent yang diakuisisinya. Tetapi Sky News sebelumnya pada Jumat (31/12) memberitakan bahwa perusahaan holding sekaligus digital based entertainment asal China itu menyuntikkan dana US$ 100 juta ke Monzo. Berita Sky News itu mengutip sumber anonim yang disebut mengetahui proses tersebut.

Baca Juga: Kendati Porsi Investor Institusi Rendah, Saham SenseTime Melonjak 23%  

Tencent tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Didirikan pada tahun 2015, Monzo adalah neobank ternama di Inggris. Kendati memiliki lebih dari lima juta pelanggan, Monzo masih berjuang untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis Monzo tertekan oleh potensi penyelidikan pencucian uang perdata dan pidana. Tahun lalu, bank itu menderita kerugian yang lebih besar.

Awal bulan ini, Monzo menerima dana dari investor seperti Abu Dhabi Growth Fund dan Coatue.

Tencent memegang saham di perusahaan teknologi besar AS, termasuk pembuat mobil listrik Tesla Inc dan pembuat aplikasi pesan foto Snap Inc.

Terbaru