Tren Belanja di Musim Liburan Tumbuh Moderat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktivitas konsumsi masyarakat Indonesia tetap bergairah usai Ramadan dan lebaran 2025, seiring momentum libur panjang di Mei 2025. Menilik Mandiri Spending Index (MSI), terjadi peningkatan nilai belanja 5%-8% selama libur Hari Buruh, Waisak, Kenaikan Yesus Kristus, dan Idul Adha, dibandingkan dua pekan sebelumnya.
Indeks MSI di periode yang mencakup berbagai libur nasional tersebut mencapai 269,5. Sementara estimasi indeks tanpa periode libur hanya 249,0. "Tanpa momentum libur tersebut, MSI kami perkirakan 5%-8% di bawah level saat ini. Kelompok menengah-atas menjadi penopang utama belanja selama liburan," tulis Andry Asmoro, Chief Economist Bank Mandiri, kemarin.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan