Berita Bisnis

Trump: Pelemahan Ekonomi China memberi Beijing insentif untuk sepakat

Senin, 07 Januari 2019 | 02:05 WIB

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa pembicaraan perdagangan dengan China berjalan sangat baik. Perlambatan ekonomi Tiongkok memberi Beijing alasan untuk berupaya mencapai kesepakatan.

Para pejabat AS akan bertemu dengan rekan-rekan mereka di Beijing minggu ini untuk melakukan pembicaraan tatap muka pertama sejak Trump dan Presiden China Xi Jinping pada bulan Desember menyetujui gencatan senjata 90 hari dalam perang dagang yang telah mengguncang pasar internasional.

Trump memberlakukan tarif impor pada ratusan miliar dolar barang-barang China untuk menekan Beijing untuk mengubah praktiknya pada masalah mulai dari subsidi industri hingga peretasan. China membalas dengan tarifnya sendiri.

Trump mengatakan tarif AS telah merugikan China.

"Saya pikir China ingin menyelesaikannya. Ekonomi mereka tidak baik," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih sebelum naik helikopter presiden Marine One. "Saya pikir itu memberi mereka insentif besar untuk bernegosiasi."

Beijing pada hari Jumat memangkas persyaratan cadangan bank di tengah melambatnya pertumbuhan di dalam negeri dan tekanan dari tarif AS.

Ditanya apa yang dia harapkan dari pembicaraan minggu ini di Beijing, Trump terdengar nada positif.

"Pembicaraan China berjalan sangat baik," katanya. "Saya benar-benar yakin mereka ingin membuat kesepakatan."

Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana
Shares
Baca juga

IHSG
6.304,86
0.29%
18,20
LQ45
984,72
0.45%
4,43
USD/IDR
14.258
-0,27
EMAS
766.000
0,92%