Berita Bisnis

Dongkrak Kinerja, Aneka Gas (AGII) Tambah Filling Station

Selasa, 26 Maret 2019 | 07:45 WIB
Dongkrak Kinerja, Aneka Gas (AGII) Tambah Filling Station

Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Gas Industri (AGII) terus berusaha meningkatkan kinerja keuangannya. Salah satu strategi mereka adalah membangun filling station baru.

Pada tahun ini, manajemen AGII berencana untuk menambah 10 filling station. Satu filling station membutuhkan investasi berkisar US$ 1 juta. Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, Rachmat Harsono mengatakan filling station tidak hanya dibangun di Pulau Jawa, tetapi juga luar Jawa.

Untuk luar Jawa, bisnis AGII sudah merambah wilayah Sumatra bagian Utara seperti Banda Aceh, Medan, Batam, Tebing Tinggi, Pekanbaru. Selain itu, ada wilayah Sumatra bagian Selatan seperti Jambi, Palembang dan Lampung.

AGII juga membangun fasilitas hampir di seluruh kota besar di Pulau Kalimantan dan Sulawesi seperti Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Gorontalo. AGII tercatat memiliki jaringan distribusi hingga Ternate.

Menurut Rachmat, potensi bisnis di luar Jawa masih cukup bagus. Tidak heran jika manajemen juga berusaha mengamankan sejumlah kontrak besar di luar Jawa. Sayangnya, Rachmat belum mau menyebutkan nilai kontrak tersebut. "Ada beberapa kontrak besar. Saat ini, belum bisa di-disclose," ujar Rachmat ke KONTAN, Senin (25/3).

Pada tahun lalu, AGII tercatat membukukan 180 kontrak dengan estimasi lebih dari Rp 200 miliar. Sekitar 75% kontrak yang telah diperoleh AGII merupakan kontrak strategis jangka panjang dengan waktu lima tahun hingga 15 tahun. Sebanyak lebih dari 60% dari 180 kontrak ini diperoleh dari sektor ritel dan medikal.

Dengan perolehan kontrak tersebut, AGII mencatat penjualan hingga kuartal III 2018 mencapai Rp 1,46 triliun atau naik 9,77% dibandingkan kuartal III 2017 sebesar Rp 1,33 triliun. Pada tahun ini AGII menargetkan pertumbuhan pendapatan sekitar 11% serta laba bersih naik 15%.

Sementara fasilitas yang telah dimiliki AGII berupa 44 pabrik dan 99 unit filling station hingga akhir tahun 2018. Sebanyak enam di antaranya dibangun pada pada periode Januari-September 2018 di Bawen (Jawa Tengah), Pamekasan (Madura), Baturaja (Sumatra Selatan), Ajibarang (Jawa Tengah), Kaban Jahe (Sumatra Utara), dan Pematang Siantar (Sumatra Utara).

Dengan fasilitas tersebut, AGII berusaha meningkatkan utilitas hingga 70%. Sejauh ini, AGII bersama dengan Samator telah menguasai 39% pangsa pasar, terutama pangsa pasar di sektor gas medis sebesar 75%–80%.

Terbaru