Berita Market

Akan Merilis Obligasi Global, BRI Mengantongi Peringkat BBB- dari Fitch

Rabu, 20 Maret 2019 | 16:39 WIB
Akan Merilis Obligasi Global, BRI Mengantongi Peringkat BBB- dari Fitch

Reporter: Herry Prasetyo | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan menerbitkan obligasi global alias global bond. Obligasi tersebut akan memiliki jangka waktu lima tahun.

Terhadap obligasi global yang akan dirilis itu, lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberikan peringkat perkiraan di posisi BBB-.

Fitch mengatakan, peringkat akhir untuk obligasi global tersebut bergantung pada diterimanya dokumen yang sesuai informasi yang telah Fitch terima sertai penetapan harga alias kupon obligasi.

Analis Utama sekaligus Direktur Senior Fitch Tim Roche mengatakan dalam siaran pers, obligasi global yang akan Bank BRI rilis dinilai pada tingkat yang sama dengan peringkat utang jangka panjang BRI. Sebab, keduanya akan membentuk kewajiban langsung, tanpa jaminan, dan bukan termasuk kewajiban yang disubordinasi.

Peringkat utang jangka panjang Bank BRI  mencerminkan jaringan yang kuat sebagai bank terbesar di Indonesia. Peringkat juga mencerminkan posisi BRI yang kuat sebagai bank terkemuka untuk kredit mikro.

Bank BRI, dalam penilaian Fitch, juga memiliki profil keuangan yang memuaskan. Profitabilitas dan permodalan BRI berada di atas pesaingnya.

Peringkat bank yang sahamnya merupakan anggota indeks Kompas100 ini juga ditopang oleh pandangan Fitch bahwa BRI kemungkinan besar akan meneriman dukungan yang luar biasa dari negara jika diperlukan. Pandangan ini didasarkan pada statusnya sebagai bank sistemik dan penerima deposito terbesar serta status Pemerintah sebagai pemilik mayoritas.

Terbaru