Berita Global

AS Izinkan Transaksi Keuangan Terkait Energi dengan Entitas Rusia hingga 5 Desember

Rabu, 15 Juni 2022 | 09:58 WIB
AS Izinkan Transaksi Keuangan Terkait Energi dengan Entitas Rusia hingga 5 Desember

ILUSTRASI. Logo salah satu bank terbesar di Rusia, Sberbank, di Moskow, Rusia, 24 Desember 2020. REUTERS/Maxim Shemetov

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) menerbitkan lagi pengecualian bagi sanksi yang telah dijatuhkannya ke Rusia. Kementerian Keuangan AS pada Selasa menyatakan transaksi terkait energi dengan Sberbank, VTB Bank, Alfa-Bank, dan beberapa entitas Rusia lainnya masih bisa berlanjut hingga 5 Desember.

Office of Foreign Asset Control yang berada di bawah Kementerian Keuangan AS juga mengatakan akan memperpanjang lisensi umum yang mengesahkan transaksi dengan entitas termasuk Bank Sentral Rusia, Sovcombank, Vnesheconombank, dan lainnya.

AS telah melarang impor bahan bakar fosil Rusia dan menjatuhkan sanksi hukuman pada negara itu karena invasinya ke Ukraina. Tetapi Washington telah mengizinkan transaksi bank atas minyak dan gas Rusia yang dikirim ke negara-negara Eropa untuk berlanjut, memberikan waktu bagi negara-negara tersebut untuk beralih ke sumber bahan bakar fosil yang berbeda dan menjadi energi alternatif.

Baca Juga: Buntut Bitcoin, Komisi Sekuritas AS: Hati-hati dengan Produk yang Too Good to Be True

Tanggal perpanjangan 5 Desember adalah hari yang sama ketika UE bermaksud memberlakukan larangan impor minyak Rusia melalui laut yang disepakati bulan ini.

"Ini menunjukkan sanksi AS dapat diperketat pada saat itu dengan mengakhiri pemotongan pembayaran energi," ClearView Energy Partners, sebuah kelompok riset nonpartisan yang berbasis di Washington mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

Uni Eropa telah bergantung pada Rusia, salah satu pengekspor energi utama dunia, untuk sekitar 40% gas alamnya dan 27% minyak impornya.

Terbaru