Berita Market

Bakal Bagi Dividen, Harga DIRE Properti Ritel Indonesia Melesat

Kamis, 28 April 2022 | 03:00 WIB
Bakal Bagi Dividen, Harga DIRE Properti Ritel Indonesia Melesat

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana jenis dana investasi real estate (DIRE) memperlihatkan prospek menarik. Reksadana DIRE milik Ciptadana Asset Management (AM), yakni DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia (XCID), sempat menjadi top gainers di Bursa Efek Indonesia, dengan kenaikan 28,24% di Selasa (26/4).

Direktur Ciptadana AM Herdianto Budiarto menuturkan, kenaikan harga XCID hanya sebatas pergerakan pasar semata. Ia menyebut, tidak ada informasi atau sentimen signifikan mempengaruhi dan mengangkat harga signifikan.

"Mungkin, sentimen positif yang membantu pergerakan harga adalah pengumuman pembagian dividen kuartal I-2022 yang besarannya jauh lebih baik dibanding kuartal sebelumnya," kata Herdianto.

Baca Juga: Dana Kelolaan Industri Reksadana Turun Rp 8,14 Triliun pada Januari 2022

Merujuk keterbukaan informasi BEI, untuk kuartal I-2022, Ciptadana AM berencana membagikan dividen sebanyak-banyaknya Rp 1,85 miliar dengan dividen per unit penyertaan sebesar Rp 0,4642. Angka tersebut jauh lebih baik dibandingkan kuartal IV-2020, di mana dividen yang dibagikan maksimal Rp 1,27 miliar dengan dividen per unit penyertaan Rp 0,3167.

Herdianto menyebut, dividen membaik karena perbaikan kinerja operasional aset XCID, yakni Solo Grand Mall. Pemulihan ekonomi serta meningkatnya tingkat kunjungan ke mal pada tahun ini memberikan optimisme.

"Utilisasi bangunan tersebut semakin optimal, tingkat okupansi pun membaik. Kami berharap, ke depannya valuasi properti ikut naik sehingga menjadi income bagi pemilik DIRE," ujar Herdianto. 

CEO Edvisor.id Praska Putrantyo menambahkan, prospek DIRE dipengaruhi perbaikan ekonomi sektor riil, yang berkontribusi pada perbaikan okupansi dan pendapatan sewa di pusat perbelanjaan. "Ditambah, ada bagi hasil dari DIRE," kata Praska.

Baca Juga: Investor Memborong Reksadana Saat IHSG Turun

Terbaru