Berita *Global

Bank-Bank Besar di AS Memperkirakan Bunga Acuan Naik Empat Kali Sepanjang Tahun Ini

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:54 WIB
Bank-Bank Besar di AS Memperkirakan Bunga Acuan Naik Empat Kali Sepanjang Tahun Ini

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Trader di booth bursa saham New York (NYSE) di New York City, AS, 8 November 2021. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank-bank besar di Amerika Serikat sekarang memperkirakan suku bunga acuan naik empat kali, mulai Maret, sepanjang tahun ini. Proyeksi yang jauh lebih agresif dibanding versi terdahulu, sudah menimbang kemungkinan meredanya dampak dari pasokan yang seret terhadap ekonomi dan harga konsumen.

Dalam laporan riset masing-masing, Goldman Sachs, JPMorgan, dan Deutsche Bank memperkirakan Federal Reserve akan memperketat kebijakan moneter setidaknya empat kali pada tahun 2022. Itu lebih dari konsensus pada akhir Desember lalu, yaitu tiga kenaikan.

Goldman memperkirakan The Fed akan mulai mengurangi isi neracanya yang kini bernilai lebih dari US$ 8 triliun, atau yang disebut "pengetatan kuantitatif" (QT) segera setelah Juli.

CEO JPMorgan Jamie Dimon pada Senin mengatakan ke CNBC bahwa, dia "akan terkejut jika hanya ada empat kali kenaikan bunga acuan di tahun ini.” Ia menambahkan bahwa empat kali kenaikan "akan sangat mudah diserap ekonomi."

Baca Juga: Wall Street Turun, Aksi Bargain Hunting Menahan Kejatuhan Lebih Dalam

Dalam memprediksi empat kenaikan suku bunga, Deutsche, dalam sebuah catatan penelitian pada hari Jumat, mengatakan ekonomi AS menunjukkan lebih banyak kemajuan menuju lapangan kerja yang maksimal. Bank asal Jerman itu memperkirakan run-off neraca Fed akan dimulai pada kuartal ketiga.

Beberapa investor percaya, bagaimanapun, laju inflasi di AS mungkin mendekati puncaknya.

"Kami sudah melihat kekusutan rantai pasokan mereda, dan semua hal lain sama bahkan tanpa kenaikan suku bunga, kami melihat inflasi bergulir mungkin akhir kuartal ini," kata Jack Ablin, kepala investasi di Cresset Capital Management di Chicago.

"Kami masih akan melihat kemungkinan angka yang pasti minggu ini. Ini tentang di mana kami memperkirakan inflasi akan mencapai puncaknya. Apa yang akan terjadi adalah siklus alami akan membantu The Fed dan apakah mereka melakukan tiga atau dua kenaikan suku bunga tahun ini, kami jangan melihat inflasi berjalan sepanas itu selama itu."

Meringankan masalah rantai pasokan sudah terbukti dalam survei manufaktur AS dari Institute for Supply Management yang dirilis minggu lalu.

Aktivitas manufaktur A.S. mendingin pada bulan Desember di tengah permintaan barang yang melambat, dengan kendala pasokan mulai mereda dan ukuran harga yang dibayarkan untuk input oleh pabrik turun paling banyak dalam satu dekade.

Baca Juga: Pasar Mengantisipasi Data AS, Begini Proyeksi IHSG Selasa (11/1)

Indeks aktivitas pabrik nasional ISM turun ke angka 58,7 bulan lalu, level terendah sejak Januari 2021. Sementara ukuran survei harga yang dibayarkan produsen jatuh ke 68,2 bulan lalu, level terendah sejak November 2020, dari 82,4 pada November. Penurunan 14,2 poin adalah yang terbesar sejak Oktober 2011.

"Data inflasi akan tetap tinggi tetapi ada indikasi yang membuatnya seolah-olah semuanya agak memuncak, bahkan di sisi inflasi upah," kata Jim Barnes, direktur pendapatan tetap di Bryn Mawr Trust di Berwyn, Pennsylvania.

"Masalahnya adalah kami tidak akan dapat mengonfirmasinya untuk satu bulan lagi sampai kami mulai mendapatkan beberapa data tambahan yang sedikit lebih banyak di masa mendatang."

Baca Juga: Pasar Mengantisipasi Data AS, Begini Proyeksi IHSG Selasa (11/1)

Dana Fed berjangka pada hari Senin telah menyiratkan sekitar 3,5 kenaikan suku bunga tahun ini, 2,7 kenaikan pada 2023, dan 0,7 kenaikan pada 2024.

Sejak Fed merilis notulen pertemuan kebijakan, Desember lalu, pasar memperkirakan harga pada tingkat terminal, atau puncak siklus kenaikan, pada 1,8%. Angka itu merujuk ke prospek berjangka eurodollar dari suku bunga AS dalam tiga tahun dari yang pertama. perkiraan kenaikan di bulan Maret, lebih tinggi dari sekitar 1,4% sebulan lalu.

Tingkat itu masih jauh di bawah pandangan bank sentral AS Fed sebesar 2,5%, dan masih lebih rendah dari perkiraan inflasi inti yang direvisi sebesar 2,6% tahun depan.

Terbaru