Berita Market

BEI Menggodok Indeks Baru Kombinasi Syariah-ESG

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:49 WIB
BEI Menggodok Indeks Baru Kombinasi Syariah-ESG

ILUSTRASI. Pekerja berjalan dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (8/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mengembangkan indeks baru berbasis Environmental, Social & Governance (ESG). BEI akan mengombinasikan indeks ESG ini dengan tema syariah. Baik saham ESG maupun saham syariah dianggap tinggi permintaannya dari investor.

Plt Direktur Utama BEI Hasan Fawzi menjelaskan, pihaknya masih akan terus melakukan pengembangan terhadap indeks baru. Dalam waktu dekat BEI menyasar untuk meluncurkan indeks dengan tema ESG.

"Belakangan, kami melihat adanya tren dan kebutuhan investor untuk indeks-indeks yang berorientasi ESG atau green index," kata Hasan pada Kontan, Jumat (20/5).

Hasan menyebut, pada tahun lalu, BEI juga sudah meluncurkan indeks baru dengan tema ESG. Pada 20 Desember 2021 silam, BEI merilis indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati dan Indeks ESG Quality 45 IDX Kehati.

ESG Sector Leader merupakan indeks yang berisi saham-saham terpilih dari ESG Kehati Universe yang sudah melewati serangkaian seleksi. Konstituennya berjumlah 48. Sementara, ESGQ 45 merupakan indeks yang berisikan 45 saham yang memiliki kualitas baik, yaitu kondisi finansial dan nilai ESG tertinggi.

Selain itu, BEI juga meluncurkan satu indeks bertema syariah yakni IDX MES- BUMN 17. Indeks ini berisikan 17 saham syariah dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak BUMN yang memiliki likuiditas baik dan kapitalisasi pasar yang besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Hasan menyampaikan dalam pipeline terdekat, BEI sedang mengembangkan indeks yang mengombinasikan tema syariah dan ESG. Dia menimbang, untuk saat ini belum ada indeks yang mewakili kedua tema tersebut.

"Sekarang belum ada indeks yang mewakili indeks syariah yang di satu sisi konstituennya saham-saham berpraktik ESG yang baik. Inilah yang sedang kami kembangkan," kata Hasan.

Sepanjang tahun berjalan ini hingga Selasa (24/5), saham-saham syariah dan yang mengusung ESG mencetak kinerja ciamik. Indeks Sri-Kehati melejit 10,52% year to date. ESG Sector Leaders IDX Kehati naik 8,93%, sedangkan ESG Quality 45 IDX Kehati naik 7,63%. Indeks IDX ESG Leaders juga naik 4,17%.

Indeks syariah Tanah Air juga berkinerja oke. Indeks ISSI menguat 7,15%, sedangkan MES-BUMN melejit 9,19%. Sebagai perbandingan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 5,05% untuk periode yang sama.

 

Terbaru