Berita Bisnis

Beroleh Berkah Ramadan dan Lebaran, Peritel Panen Rejeki Nomplok

Sabtu, 15 Juni 2019 | 10:30 WIB
Beroleh Berkah Ramadan dan Lebaran, Peritel Panen Rejeki Nomplok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa perusahaan ritel mengaku ketiban berkah Lebaran. Malahan, penjualan tahun ini lebih tinggi ketimbang Lebaran tahun sebelumnya.

Misalnya saja, PT Metropolitan Retailmart. Scesilia Febiana, Head of Marketing Communications Metro Department Store menyatakan, peningkatan penjualan seiring dengan strategi yang dilakukan perusahaan. Salah satunya menggelar acara Metro Ramadan Fashion Highlight Indonesia Best Designer. "Selama Ramadan baik trafik dan penjualan meningkat, untuk trafik pengunjung sendiri naik hampir 50%," ujarnya kepada KONTAN, Jumat (14/6)

Bahkan, penjualan juga meningkat hampir di seluruh gerai secara signifikan. Soalnya, trafik pengunjung naik dan imbasnya penjualan juga meningkat di kisaran 30% hingga 50%.

Nah, khusus di beberapa gerai, perusahaan ini juga melakukan desain ulang (redesign), seperti di gerai Metro Department Store Plaza Senayan. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk bisa lebih relevan dengan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan.

Begitu juga dengan PT Mega Perintis Tbk (ZONE). FX Afat Adinata Nursalim, Direktur Utama ZONE menjelaskan, perusahaan mencatat pertumbuhan kinerja yang baik di kuartal I tahun ini. Sedangkan di kuartal II, adanya momen lebaran bisa melecut penjualan dengan sangat baik. "Peningkatan penjualan saat Lebaran bisa tiga kali lipat dari bulan biasa," ujarnya kepada KONTAN, Jumat (14/6).

Presiden Direktur PT Panen Lestari Internusa atau Sogo Department Store Indonesia, Handaka Santosa mengatakan, kenaikan di lebaran tahun ini sebesar 9% dibanding lebaran tahun lalu. Tapi agak terganggu karena ada gonjang-ganjing politik. "Jadi sebenarnya bisa lebih dari itu," katanya kepada KONTAN, Jumat (14/6).

Kenaikan penjualan baru terasa memasuki bulan Ramadan mulai 5 Mei 2019. "Tanggal 22 Mei 2019 kemarin turun karena beberapa toko Sogo ada yang sampai tutup," tambahnya.

Fetty Kwartati, Head of Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menyampaikan, penjualan bulan Mei tahun ini meningkat drastis dibandingkan Mei tahun lalu. Hanya saja, ia belum mau membeberkan berapa nilai penjualan yang tercatat pada periode tersebut. "Soalnya, jadwal Lebaran yang selalu maju sekitar 10 hari. Permintaan dan penjualan department store dan specialty store paling besar," ujarnya.

Di luar itu, juga ada event Festival Jakarta Great Sale (FJGS) yang juga menopang penjualan menjelang Lebaran. Untuk itu, manajemen Mitra Adi Perkasa yang mengelola banyak gerai fashion bermerek itu menyatakan bahwa untuk menjaga momentum, pihaknya terus melakukan upaya dan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan. "Usai Ramadan, masih ada program mid year sales dan back to school program," tandas Fetty.

Reporter: Andy Dwijayanto, Harry Muthahhari
Editor: Tedy Gumilar


Baca juga