Berita Bisnis

Biar Lebih Hemat Rig Tenders (RIGS) Jual Aset Kapal

Kamis, 13 Juni 2019 | 15:02 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) telah menjual satu unit kapalnya ke PT Duta Lintas Transportasi. Kapal berjenis accomodation work barge itu dijual seharga US$ 3 juta.

Akta jual beli kapal bernama Kaspadu 1, itu telah ditandatangani pada 12 Juni 2019. Namun, menurut Abdul Rahman Abbas, Presiden Direktur PT Rig Tenders Indonesia Tbk, pelunasan telah dilakukan sebelum akta jual beli itu diteken.

Menurut Abdul, dalam keterangan resminya ke Bursa Efek Indonesia, Rabu (13/06) transaksi ini membuat Rig menanggung rugi penjualan sebesar US$ 9,618 juta. Meski demikian, transaksi tersebut berpengaruh positif ke kegiatan operasional dan kondisi keuangan perseroan ke depan. Yakni mengurangi biaya perawatan kapl dan biaya depresiasi serta mengurangi beban keuangan RIGS. Kapal Kaspadu 1 sendiri sudah tidak beroperasi selama empat tahun lima bulan.

Selanjutnya, RIGS bisa lebih fokus pada biaya perawatan kapal-kapal tongkak yang memiliki kontrak kerja jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perseroan.

Sejauh ini RIGS belum menyampaikan laporan keuangan kuartal I-2019. Namun, kinerja emiten perkapalan itu pada tahun lalu cukup positif. 

Hingga 31 Desember 2018, pendapatan RIGS tumbuh 29,67% menjadi sekitar US$ 21,34 juta. Di saat yang sama, Rig Tenders mampu mengantongi laba periode berjalan sekitar US$ 2,22 juta. Padahal periode yang sama tahun sebelumnya RIGS menanggung rugi hingga US$ 4,81 juta.

Reporter: Tedy Gumilar
Editor: Tedy Gumilar


Baca juga