Berita Market

CSAP Mengincar Penjualan Rp 15 Triliun di Akhir 2022

Jumat, 11 Februari 2022 | 08:15 WIB
CSAP Mengincar Penjualan  Rp 15 Triliun di Akhir 2022

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) masih percaya diri bisa menumbuhkan kinerja keuangan sembari melanjutkan ekspansi. Emiten yang bergerak di bidang usaha distribusi dan ritel modern bahan bangunan ini mengincar penjualan hingga Rp 15 triliun sepanjang tahun ini.

Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma menyampaikan, dengan target penjualan tersebut, CSAP memperkirakan bisa meraih laba bersih sebesar Rp 220 miliar. Jika menengok laporan keuangan tahun 2021 yang sedang diaudit, manajemen CSAP menyebut, target laba tadi lebih tinggi sekitar 18% dibanding tahun lalu. Sedangkan penjualan ditaksir bisa lebih tinggi sekitar 11% dari realisasi di 2021.

Kenaikan target kinerja bisnis ini dibarengi dengan strategi ekspansi pada segmen ritel modern. CSAP berencana membuka tiga sampai empat toko baru Mitra10, termasuk dengan melakukan remodeling empat toko yang telah ada. Dari target tersebut, satu toko baru Mitra10 sudah dibuka di Pekanbaru pada 20 Januari lalu.

Selain itu, CSAP juga berupaya meningkatkan kontribusi private brand, serta menambahkan produk home applicance. "Kami juga meningkatkan efisiensi pada biaya operasi dan menambahkan aktivitas pemasaran untuk menaikkan lalulintas toko," jelas Idrus, kemarin.

Selanjutnya pada segmen distribusi bahan bangunan, CSAP berencana mengembangkan network coverage sebanyak 5 depo di area Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Perusahaan ini juga akan mengeksplorasi sistem transportasi untuk menunjang kegiatan rantai pasok dan menekan  biaya transportasi.

CSAP juga meningkatkan efisiensi rantai pasok. Selain itu, sistem digitalisasi terkait dengan informasi dan layanan konsumen juga akan ditingkatkan.

Guna memuluskan rencana kerja tahun ini, CSAP mengalokasikan belanja modal (capex) sekitar Rp 600 miliar. Sebanyak 80% dari anggaran tersebut akan dipakai untuk pengembangan segmen ritel modern di Mitra10 dan Atria.

Sedangkan 20% lainnya dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan di segmen distribusi. "Dananya untuk ekspansi gudang, renovasi, peremajaan kendaraan, peralatan dan teknologi," terang Idrus.

Kemarin, saham CSAP ditutup merosot 3,77% ke level Rp 510 per saham. Meski begitu, harga CSAP masih naik 4,08% secara year to date.

 

Terbaru