Berita Bisnis

Gaung Bank Asing Semakin Nyaring

Senin, 01 Maret 2021 | 16:35 WIB
Gaung Bank Asing Semakin Nyaring

ILUSTRASI. Di sepanjang tahun 2020 lalu, sedikitnya sudah ada dua bank nasional yang resmi diakuisisi oleh investor asing.

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Selalu ada kesempatan dalam setiap kesempitan. Pemeo lawas itu, tampaknya, pas untuk menggambarkan hasrat para pemodal asing dalam berburu bank-bank di Indonesia. Lihat saja, di tengah pemenuhan ketentuan modal minimum bank yang diwajibkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tren investor asing masuk ke industri perbankan nasional tak pernah surut.
              
Yang terbaru adalah upaya PT Bank Maspion Tbk (BMAS) yang  segera merealisasikan penjualan saham kepada investor asal Thailand, yakni Kasikorn Bank. Pada 2021 ini, Kasikorn akan menaikkan porsi sahamnya di Bank Maspion, dari 9,9% menjadi 40%. 

Pada April 2020, sejumlah pemegang saham Bank Maspion meneken perjanjian jual beli dengan Kasikorn Vision Co Ltd (KVision), entitas KasikornBank, untuk membeli 30,01% saham senilai Rp 3 triliun. 

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru