Berita Global

Harga Minyak dan Makanan Naik, Jepang Siapkan Stimulus Ekonomi Tambahan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:38 WIB
Harga Minyak dan Makanan Naik, Jepang Siapkan Stimulus Ekonomi Tambahan

ILUSTRASI. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, 17 Februari 2022. David Mareuil/Pool via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Paket stimulus ekonomi yang baru diprediksi bergulir dalam waktu dekat. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kemungkinan akan mengumumkan stimulus ekonomi tambahan pada akhir Maret untuk meredam dampak kenaikan harga minyak dan barang-barang lainnya pada perekonomian, demikian pemberitaan surat kabar Yomiuri pada Rabu.

Langkah Pemerintah Jepang itu mengikuti persetujuan parlemen Selasa atas rekor anggaran negara $900 miliar untuk tahun fiskal 2022. 

Surat kabar Nikkei melaporkan secara terpisah bahwa pemerintah kemungkinan akan memanfaatkan 5,5 triliun yen ($45,41 miliar) dalam cadangan yang disisihkan di bawah anggaran fiskal 2022 untuk mendanai paket tersebut. Opsi itu lebih mungkin dipilih daripada menyusun anggaran tambahan.

Di bawah tekanan politisi untuk meningkatkan pengeluaran menjelang pemilihan majelis tinggi yang dijadwalkan musim panas ini, Kishida mengatakan pemerintahannya siap untuk mengambil langkah-langkah stimulus lebih lanjut. Program itu dinilai perlu untuk mengurangi beban masyarakat serta perusahaan akibat melonjaknya biaya bahan bakar dan makanan.

Baca Juga: Korban Makin Banyak, Kekuatan Militer Rusia di Ukraina Diprediksi Turun di Bawah 90%


Baca juga