Berita Market

IHSG Berpeluang Melanjutkan Rebound Pada Perdagangan Rabu (8/12)

Rabu, 08 Desember 2021 | 05:30 WIB
IHSG Berpeluang Melanjutkan Rebound Pada Perdagangan Rabu (8/12)

Reporter: Kenia Intan | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan Selasa (7/12). IHSG menguat 55,45 poin atau 0,85% ke level 6.602,56.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan, rebound IHSG masih akan berlanjut pada perdagangan Rabu (8/12). IHSG akan menguji level 6.630.

"Potensi penguatan lanjutan didukung terbentuknya golden cross pada Stochastic RSI dan MACD, bersamaan dengan rebound Selasa," tulis Valdy dalam riset, kemarin.

Dalam hitungan Valdy, level support dan resistance IHSG pada hari ini berada di rentang 6.550 dan 6.630. Ia memperkirakan, saham perbankan akan kembali menjadi penggerak IHSG hari ini.

Salah satu sentimen positif baru bagi IHSG adalah kenaikan cadangan devisa Indonesia sebesar 0,27% menjadi sebesar US$ 145,9 miliar per November 2021. Data ini turut memicu penguatan rupiah.

Analis MNC Sekuritas Rifqi Ramadhan menjelaskan, posisi cadangan devisa terkini yang bertambah sekitar US$ 400 juta dari bulan sebelumnya tersebut memang akan menjadi katalis positif bagi pasar saham. "Kami memandang posisi cadangan devisa yang tinggi mampu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah," ujar dia, Selasa (7/12).

Rifqi pun memperkirakan, posisi cadangan devisa akan tetap tinggi atau berada di atas US$ 145 miliar hingga akhir tahun. Ini didukung kinerja perpajakan yang semakin membaik, di tengah kenaikan harga komoditas.

Selain itu, pembatalan penerapan PPKM level III secara merata di seluruh Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru akan mendorong optimisme pelaku pasar terhadap perbaikan outlook ekonomi secara nasional di kuartal terakhir tahun ini.

Melihat katalis positif yang ada, Rifqi pun memprediksi IHSG pada hari ini akan mengalami penguatan relatif terbatas. Hitungan dia, level support IHSG ada di 6.525 dan level resistance di 6.647.

 

 

Terbaru