Berita Bisnis

Ini Daftar Bank yang Melayani Pembukaan Rekening Secara Online

Selasa, 23 Juli 2019 | 07:52 WIB
Ini Daftar Bank yang Melayani Pembukaan Rekening Secara Online

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus berlomba-lomba meluncurkan layanan pembukaan rekening secara online (daring). Selain sebagai kemudahan layanan bagi nasabah, fitur tersebut merupakan nilai tambah yang diandalkan bank untuk menjaring lebih banyak nasabah.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), misalnya, tengah mengembangkan fitur ini dan berencana meluncurkannya dalam waktu dekat. Fitur itu belum resmi meluncur lantaran CIMB Niaga masih menyempurnakan proses sistemnya. Terutama, proses know your customer (KYC) melalui video. Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan bilang, meski belum dirilis, fitur pembukaan rekening secara online sudah ada di aplikasi Go Mobile CIMB Niaga.

Sudah ada sekitar 1.000 hingga 2.000-an nasabah baru yang membuka rekening baru secara online. "Kami akan menargetkan satu juta nasabah baru per tahun yang membuka rekening secara online," Kata Lani, Senin (22/7).

Aplikasi Go Mobile diproyeksikan oleh CIMB Niaga untuk menjadi super app. Bukan cuma pembukaan rekening secara daring, aplikasi tersebut juga kelak berfungsi sebagai dompet digital hingga pengajuan kredit konsumsi. Niatnya agar dana murah dan penyaluran kredit CIMB Niaga bisa makin tebal.

"Jadi bisa untuk isi saldo Go-Pay, Ovo, sampai pengajuan KTA, KPR dan KKB," tutur dia.

Adapun PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang sudah terlebih dahulu meluncurkan layanan serupa menyatakan, mengakuisisi banyak nasabah secara daring. Jan Hendra, Sekretaris Perusahaan BCA mengungkapkan, BCA sudah menorehkan pembukaan sekitar 100.000 rekening baru melalui gawai pintar paska dirilis sejak Maret lalu.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) juga telah berhasil mengakuisisi banyak nasabah baru melalui pembukaan rekening secara online, khususnya dari kalangan anak muda. Sejak launching sampai Juni 2019, sudah ada 10.000 lebih rekening yang dilakukan pembukaan melalui aplikasi Brimo," kata Direktur Konsumer BRI Handayani.

Saat ini jenis tabungan yang bisa dibuka melalui aplikasi BRImo adalah Tabungan BRI BritAma Muda, Hingga akhir tahun, fitur di aplikasi BRImo itu ditargetkan dapat mengakuisisi 30.000 rekening baru bagi BRI.

Dua bank besar lainnya yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga berencana melakukan inovasi serupa dalam waktu dekat. Bank Mandiri menargetkan merilis fitur itu dua bulan usai lebaran.

Sebelumnya, Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang mengatakan, pendekatan yang akan dipakai Bank Mandiri dalam fitur itu akan berbeda dengan bank lain. "Saya belum bisa ungkap detail. Hanya, approach yang diambil Bank Mandiri akan menjadi yang pertama di Indonesia. Belum pernah dipakai bank lain," katanya.

Dengan layanan anyar itu, dia mengklaim, pembukaan rekening bisa dilakukan hanya dalam waktu 12 menit.

Terbaru