Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif
Berita Style

Jejak Karier Andi Nirwoto Direktur Teknologi Informasi Bank BTN

Sabtu, 13 Maret 2021 | 08:36 WIB
Jejak Karier Andi Nirwoto Direktur Teknologi Informasi Bank BTN

ILUSTRASI. Andi Nirwoto, Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa bilang berkarier di dunia perbankan harus berasal dari lulusan ekonomi. Andi Nirwoto, Direktur Operasi, Teknologi Informasi (TI) dan Digital Banking PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), membuktikan kalau lulusan teknik juga bisa meniti karier menjadi bankir.

Andi sejak kecil memang bercita-cita menjadi seorang engineering. Saya memilih kuliah di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) karena saya merasa cocok dengan suasana, budaya, serta sikap egaliter masyarakat di Kota Yogyakarta. Saya ikut tes dan diterima di UGM pada tahun 1988, ujarnya.

Awalnya, pria yang lulus dari UGM tahun 1994 ini memang berkarier di dunia teknik. Ia bekerja di perusahaan konstruksi. Namun nasib berkata lain. Ia mendapatkan tawaran tes bekerja dari Bank BNI.

Tawaran itu memang cukup menggiurkan. Ia mendapatkan kesempatan juga untuk meraih beasiswa pascasarjana S2.

Namun, tentu saja tak mudah mendapatkan beasiswa. Ia harus berkompetisi dengan pesaing lain yang ingin ikut tes tersebut. Bukannya minder dengan pesaing lain, ia pun percaya diri ikut ujian saringan tersebut.

Lulus tahun 1994, saya lulus mengikuti tes program beasiswa dari Bank BNI. Program beasiswa Bank BNI diberikan untuk sekitar 20% lulusan terbaik dari UGM. Saya diterima dan langsung disekolahkan selama dua tahun, dari 1995 hingga 1997, katanya.

Ia berkuliah di University of Kentucky, Amerika Serikat. Kesempatan yang langka ini pun tak disia-siakannya.

Sepulang sekolah S2, Andi mengaku mengikuti tambahan pelatihan general banking, perkreditan, trade, dan lain-lain. Selanjutnya ia diterjunkan di operasional cabang. kemudian lanjut ke head office untuk membangun TI bank BUMN yang berdiri tahun 1946 tersebut.

Di sinilah awal karier Andi sampai dengan sekarang menjadi spesialis di TI. Kurang lebih hampir selama 25 tahun. Jadi karier saya lebih lama di Bank BNI ketimbang di BTN, Saya bekerja di BNI selama 21 tahun, ungkapnya.

Ia menapaki kariernya dari bawah, Dan berkat prestasi kerja yang mumpuni, seiring dengan perjalanan waktu, dia dipercaya untuk menempati berbagai posisi penting di bank berlogo angka 46 tersebut. Jabatan terakhirnya di BNI adalah general manager operasional dan teknologi informasi.

Selanjutnya
Halaman   1 2 3

Baca juga

IHSG
5.953,71
1.92%
-116,50
LQ45
884,69
2.41%
-21,81
USD/IDR
14.580
0,00
EMAS
926.000
0,11%