Berita Refleksi

Kemenangan yang Pragmatis

Oleh Ekuslie Goestiandi - Pemerhati Kepemimpinan dan Manajemen
Minggu, 03 Maret 2024 | 10:42 WIB
Kemenangan yang Pragmatis

ILUSTRASI. JAKARTA,17/8-SEMARAK MERAH MERDEKA. Penggagas acara dari Progress Fitrah Indonesia, Fitriyah, S.H (kiri) mengikuti lomba Warga dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Jl. Sukabumi, Menteng, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP bekerjasama dengan Progress Fitrah Indonesia dan Hompimpa menyelenggarakan kegiatan beberbagai lomba untuk memeriahkan Kemerdekaan RI ke-78 dengan tema Semarak Merah Merdeka yang bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan kecintaan warga terhadap bangsanya sekaligus untuk mempererat kerukunan antarwarga. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Hendrika Yunapritta | Editor: Hendrika

KONTAN.CO.ID - Final Piala Dunia 2006 antara Prancis dan Italia memang sudah berlalu 18 tahun yang lalu. Namun, peristiwa benturan Zinedine Zidane dan Marco Materazzi telah tercatat sebagai memori yang kelabu. Akibat diprovokasi oleh omongan, Materazzi, Zidane pun menandukkan kepalanya ke dada punggawa Italia tersebut, yang berujung pada pemberian kartu merah. Zidane dikeluarkan dari area permainan, dan ujung pertandingan pun mengantar Italia sebagai kampiun Piala Dunia 2016.

Menariknya, meskipun akhirnya keluar sebagai Juara Dunia lewat drama adu penalti, ternyata kemenangan Italia tersebut tidak sepenuhnya menjadi sukacita bagi rakyat negeri pizza tersebut. Penyebabnya ya,  karena insiden kedua punggawa masing-masing tim di atas. 
Materazzi sendiri mengisahkan bahwa semenjak insiden tersebut, dirinya menjadi figur yang dibenci oleh rakyat Italia. “Zidane dibela seluruh Prancis, tetapi saya justru seperti dibunuh rekan satu negara sendiri,” ujar Materazzi saat itu. 

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru