Berita Market

Kilas Balik Bumi Resources (BUMI), Emiten Grup Bakrie yang IPO Tepat 31 Tahun Silam

Jumat, 30 Juli 2021 | 10:27 WIB
Kilas Balik Bumi Resources (BUMI), Emiten Grup Bakrie yang IPO Tepat 31 Tahun Silam

ILUSTRASI. Perusahaan pertambangan batubara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) milik grup Bakrie. Foto: Dok BUMI (dari Annual Report)

Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanggal 30 Juli 1990 atau tepat 31 tahun yang lalu, saham emiten bersandi BUMI (PT Bumi Resoorces Tbk) resmi diperdagangkan di bursa efek. Kala itu, BUMI masih bernama PT Bumi Modern Tbk dengan kegiatan usaha di bidang jasa pariwisata dan perhotelan. Bumi Modern mulai berdiri pada tahun 1973. Pada tahun 1976, atau tiga tahun sejak berdiri, Bumi Modern membangun hotel bertaraf internasional 10 lantai dengan 268 kamar di area seluas 1,3 hektare (ha) di Surabaya.

Tahun 1975, Bumi Modern menandatangani management agreement dengan Hyatt International Corporation untuk pengelolaan hotel yang kelak bernama Hotel Hyatt Bumi Surabaya itu selama 20 tahun ke depan. Hotel Hyatt Bumi Surabaya merupakan satu-satunya hotel bintang lima bertaraf internasional yang ada di Jawa Timur. Hotel ini diresmikan oleh menteri perhubungan saat itu, Roesmin Noejadin, pada Desember 1979. Saat hotel itu diresmikan, pemegang saham Bumi Modern terdiri dari AJB Bumiputera 1912, Peter Sondakh dan H.A. Latief Thoyeb.


Baca juga