Berita Global

Kinerja Melampaui Perkiraan, ArcelorMittal Meningkatkan Dividen

Kamis, 10 Februari 2022 | 19:50 WIB
Kinerja Melampaui Perkiraan, ArcelorMittal Meningkatkan Dividen

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Logo ArcelorMittal di pabrik baja di Ghent, Belgia, 7 Juli 2016. REUTERS/Francois Lenoir

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BRUSSEL. ArcelorMittal pada Kamis (10/2) mengatakan akan meningkatkan dividen dan mengumumkan pengembalian modal baru US$ 1 miliar untuk paruh pertama tahun ini. Pembuat baja terbesar kedua di dunia itu menyatakan rencana itu sambil melaporkan pendapatan kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan.

Peningkatan tersebut membawa pengembalian modal yang diumumkan perusahaan sejak September 2020 menjadi US$ 7,2 miliar. Perusahaan itu akan mencari otorisasi lebih lanjut untuk membeli kembali saham pada rapat umum tahunannya. Ini menaikkan dividennya dari US$ 0,30 per saham menjadi US$ 0,38, meningkat 27%.

Sementara itu, utang bersih perusahaan meningkat menjadi US$ 4,03 miliar dari US$ 3,87 miliar, 15,3% di atas ekspektasi analis ING. Saham perusahaan itu turun 2,93% menjadi 28,52 euro pada hari ini pukul 16.41 WIB.

Baca Juga: Cegah Kenaikan Yeld Global, Bank Sentral Jepang Akan Beli JGB 10 Tahun Tak Terbatas

ArcelorMittal memperkirakan pasar baja, tidak termasuk China, tumbuh antara 2,5% dan 3% dan melihat pengiriman bajanya sendiri naik 3% pada 2022. ArcelorMittal melihat prospek positif jangka menengah hingga jangka panjang untuk baja dengan inventaris sekarang diisi ulang dan pemulihan permintaan berlanjut, terutama jika kendala rantai pasokan otomotif mereda.

Kelompok itu juga mengatakan industri baja global akan mendapat manfaat dari perubahan struktural yang terjadi di China, termasuk: fokus China pada dekarbonisasi dan penghapusan potongan PPN pada ekspor baja.

Laba inti kuartal keempat (EBITDA), angka yang paling banyak ditonton pasar, adalah US$ 5,05 miliar, hampir lima kali lipat angka tahun lalu. Itu sedikit lebih tinggi dari perkiraan rata-rata US$ 4,95 miliar dalam jajak pendapat perusahaan.

Perusahaan mengharapkan EBITDA yang kuat dan arus kas bebas yang dihasilkan pada tahun 2022.

Terbaru