Berita Ekonomi

Lelang Mobil Multifinance Menurun

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:05 WIB
Lelang Mobil Multifinance Menurun

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penarikan kendaraan oleh perusahaan multifinance mulai menunjukkan penurunan selama pandemi. Alhasil, kendaraan yang ikut proses lelang juga berkurang.
Situasi itu disebutkan oleh Ketua Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali) Daddy Doxa Manurung. Ia memperkirakan, kendaraan multifinance yang masuk ke Balai Lelang Serasi (Ibid) turun sekitar 20%-25% sepanjang tahun 2021. Nilai penurunan itu tidak berbeda jauh sejak pembatasan sosial skala berskala besar (PSBB) diberlakukan.
"Penurunan itu sebagian besar karena adanya kebijakan relaksasi kredit bagi perusahaan multifinance," kata Daddy, Senin (23/8).  
Selain relaksasi, penurunan bisnis multifinance turut andil mengurangi jumlah kendaraan yang dilelang. Ia menilai, untuk saat ini perusahaan lebih selektif menyalurkan kredit otomotif agar kualitas kredit juga terjaga.

Lelang kendaraan bisa mencapai kisaran 8.000 unit-10.000 unit pada tahun 2019. Jika dihitung secara rata-rata, balai lelang IBID secara nasional bisa melelang 800 unit kendaraan per bulan. Ada sekitar enam multifinance yang tergabung dalam lelang IBID.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru