Berita Refleksi

Longgar Tapi Waspada

Oleh SS Kurniawan - Redaktur Pelaksana
Kamis, 07 April 2022 | 08:00 WIB
Longgar Tapi Waspada

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehidupan di negara kita, khususnya Jakarta nyaris kembali normal, seperti sebelum badai pandemi Covid-19 menerjang.

Setidaknya, tergambar dari kemacetan lalu lintas yang kembali mewarnai Ibu Kota, seiring pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat di sana-sini, menyusul kasus Covid-19 yang terus melandai setelah mencapai puncak tertinggi pada 16 Februari lalu di angka 64.718.

Aktivitas masyarakat kembali menggeliat sejak awal tahun, bahkan saat kasus Covid-19 kembali menanjak akibat varian Omicron yang gampang menular. Itu tampak dari konsumsi Pertalite. Selama dua bulan pertama tahun ini, konsumsi BBM yang kini bersubsidi itu sudah 4,258 juta kiloliter atau melebihi kuota secara year to date.

Situasi pandemi di Indonesia memang relatif terkendali, dengan rata-rata kasus Covid-19 seminggu terakhir sekitar 2.600 per hari. Sejatinya, angka ini masih tinggi. Tapi, itu tadi, dibanding puncak, jelas angka tersebut jauh lebih rendah.

Di Pulau Jawa dan Bali, yang saat ini menjadi penyumbang terbesar kasus nasional, tinggal sembilan kabupaten dan kota yang berstatus PPKM Level 3. Daerah lainnya sudah menyandang Level 2 dan 1.

Itu sebabnya, pemerintah kembali memperlonggar pembatasan kegiatan masyarakat. Terbaru, mal boleh buka hingga jam 10 malam di daerah berstatus PPKM Level 2. Sebelumnya, pemerintah membolehkan mudik Lebaran dengan syarat.

Lalu, seiring kasus Covid-19 global yang juga dalam tren menurun, pemerintah melonggarkan pintu masuk. Pemerintah menghapus entry-test bagi pelaku perjalanan luar negeri dengan syarat. Selain itu, memperluas visa kunjungan saat kedatangan (VoA) khusus wisata dan memberlakukan lagi bebas visa untuk negera-negara ASEAN.

Tapi, kewaspadaan bukan berarti kendor. Apalagi, muncul varian baru, hasil rekombinan Omicron subvarian BA.1 dan BA.2. Namanya: XE, paling menular di antara subvarian Omicron. XE 10% lebih menular dari BA.2 atau Omicron Siluman yang saat ini paling menular.

Saat ini, di sejumlah negara, terutama Eropa, kasus Covid-19 kembali menanjak tinggi. Termasuk, di China, yang sukses menekan penyebaran virus korona sejak wabah di Wuhan. Pada Rabu (6/2),

China mencatat 20.472 kasus, angka harian tertinggi selama pandemi. China juga mendeteksi mutasi varian Omicron yang sangat menular.
Jadi, sambil menikmati kelonggaran pembatasan aktivitas, jangan lengah dan tetap waspada.         

 

Terbaru