Berita Refleksi

Melawan Omicron

Oleh Barratut Taqiyyah - Redaktur Pelaksana
Selasa, 18 Januari 2022 | 09:00 WIB
Melawan Omicron

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia semakin waspada. Kini, kasus Covid-19 varian Omicron semakin bertambah. Hingga Sabtu (15/1/2022), jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 748 kasus.

Perinciannya, 569 berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Sedangkan sisanya 155 merupakan kasus transmisi lokal.  Selain itu, data Kementerian Kesehatan juga menunjukkan, jumlah kasus probable Omicron saat ini mencapai 1.800 kasus.

Terkait perkembangan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan untuk memperketat kembali syarat aktivitas masyarakat di tempat publik. Salah satunya adalah mereka yang sudah divaksinasi dua kali yang dapat beraktivitas di tempat umum.

Luhut juga mengimbau kepada seluruh perusahaan di Indonesia agar dapat mempekerjakan karyawannya dari rumah selama dua minggu ke depan. Dengan kata lain, pekerja tidak perlu 100% hadir di kantor. Kebijakan lain adalah pemerintah  menerapkan lagi asesmen PPKM mingguan sejalan dengan melonjaknya varian Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Presiden Jokowi menyetujui adanya penambahan jumlah penonton dalam gelaran MotoGP 2022 di Mandalika menjadi 100.000 orang. Jumlah tersebut bertambah 37.000 orang dari sebelumnya ditentukan sebanyak 63.000 penonton.

Jika dilihat, ada perbedaan pendapat antara dua menteri di pemerintahan Presiden Jokowi. Tentunya hal ini akan membuat masyarakat bingung dengan kebijakan yang ada. Di tengah meningkatkan kasus omicron, pemerintah seharusnya menerapkan kebijakan yang sejalan antara satu sama lainnya.

Saat ini, transmisi lokal Omicron sudah terjadi. Wilayah DKI Jakarta menjadi salah satu klaster penularannya. Bahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Jakarta bakal menjadi "medan perang" pertama Indonesia melawan Covid-19 varian Omicron.

Seperti yang diketahui, lonjakan kasus Covid-19 sangat terasa dalam sepekan terakhir di Jakarta. Pada 9 Januari 2022, DKI Jakarta mencatat 393 kasus baru dalam sehari.

Pada 15 Januari 2022, DKI Jakarta telah mencatat 720 kasus baru dalam sehari. Akibatnya, saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Jakarta pun melonjak tajam jadi 3.779, naik dua kali lipat lebih dalam seminggu.

Belajar dari Jakarta, pemerintah  daerah lain seharusnya melakukan koordinasi memperketat mobilitas dan protokol kesehatan. Jangan sampai muncul klaster baru.

Terbaru