Berita *Global

Naikkan Investasi di Proyek Rendah Karbon, Chevron Menolak Kejar Target Emisi Nol

Rabu, 15 September 2021 | 10:12 WIB
Naikkan Investasi di Proyek Rendah Karbon, Chevron Menolak Kejar Target Emisi Nol

ILUSTRASI. FILE PHOTO: A combination of file photos shows the logos of five of the largest publicly traded oil companies; BP, Chevron, Exxon Mobil, Royal Dutch Shell, and Total. REUTERS/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - HOUSTON/NEW YORK. Chevron Corp, Selasa (14/9), menyatakan akan menaikkan nilai investasi untuk mengurangi jejak emisi karbonnya hingga 2028 menjadi US$ 10 miliar. Kendati menjanjikan kenaikan investasi hingga kali lipat dalam pengurangan karbon, Chevron mengatakan belum siap untuk berkomitmen pada target emisi nol di tahun 2050.

Produsen minyak secara global berada di bawah tekanan yang meningkat dari investor dan pemerintah untuk bergabung dalam perang melawan perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca secara tajam pada pertengahan abad ini. Namun sejauh ini, raksasa minyak Amerika Serikat (AS) tertinggal dari pesaingnya yang berbasis di Eropa.

Chevron mengatakan setengah dari rencana investasi itu dialokasikan untuk mengekang emisi dari proyek bahan bakar fosil. Sebanyak US$ 3 miliar akan diterapkan untuk penangkapan dan penyeimbangan karbon. Lalu, US$ 2 miliar untuk pengurangan gas rumah kaca, US$ 3 miliar untuk bahan bakar terbarukan, dan US$ 2 miliar untuk energi hidrogen.

Baca Juga: Sejumlah pengembang properti sambut positif Permen ESDM soal PLTS atap

Namun, Chevron belum siap berkomitmen mencapai target nol emisi. “Perusahaan tidak ingin "berada dalam posisi di mana kami meletakkan ambisi yang kami tidak percaya realistis dan dapat dicapai,” tutur Chief Executive Michael Wirth ke investor, Selasa

Hanya sebagian kecil pemegang sahamnya yang saat ini mendukung strategi yang digunakan oleh perusahaan minyak Eropa untuk berinvestasi dalam tenaga surya dan angin yang kurang menguntungkan, tambahnya.

“Dewan sedang mencari untuk melihat, bagaimana Anda memberikan strategi yang memenuhi kebutuhan pemegang saham hari ini dan harapan pemegang saham untuk masa depan?” kata CEO. Namun dewan direksi dapat kembali membahas tujuan nol bersih akhir tahun ini dengan laporan iklim perusahaan, kata Wirth.

Produsen minyak Eropa telah menetapkan rencana untuk beralih dari bahan bakar fosil dengan mengalokasikan investasi yang lebih besar dalam energi terbarukan dan target emisi 2050. Sedangkan, produsen minyak raksasa AS, semacam Chevron, Exxon Mobil Corp dan Occidental Petroleum, berusaha mengurangi emisi karbon per unit output sambil mendukung penangkapan dan penyimpanan karbon, dan menggandakan minyak.

BP Plc mengatakan akan menginvestasikan US$ 3 miliar-US$ 4 miliar per tahun dalam proyek-proyek rendah karbon pada tahun 2025, dan menyusutkan produksi minyak dan gas sebesar 40% pada dekade berikutnya. Royal Dutch Shell Plc pada bulan Februari menetapkan investasi tahunan sebesar US$ 2 miliar-US$ 3 miliar untuk energi bersih.

Chevron mempertahankan tujuannya untuk mengurangi intensitas gas rumah kaca sebesar 35% hingga tahun 2028 dibandingkan dengan tingkat produksi minyak dan gas pada tahun 2016.

Baca Juga: Sri Mulyani sebut penerapan pajak karbon diterapkan tergantung kesiapan dunia usaha

Dikatakan akan memperluas produksi gas alam terbarukan menjadi 40 miliar British thermal unit (BTU) per hari dan meningkatkan kapasitas produksi bahan bakar terbarukan menjadi 100.000 barel per hari untuk memenuhi permintaan pelanggan untuk diesel terbarukan dan bahan bakar penerbangan berkelanjutan.

"Kami berharap dapat meningkatkan dividen kami, membeli kembali saham dan berinvestasi dalam bisnis rendah karbon," kata Wirth.

Chevron bertujuan untuk meningkatkan produksi hidrogen menjadi 150.000 ton per tahun untuk memasok pelanggan industri, listrik dan transportasi tugas berat dan meningkatkan penangkapan dan offset karbon menjadi 25 juta ton per tahun dengan mengembangkan hub regional bersama.

Para pemerhati lingkungan mengatakan fokus Chevron adalah mengimbangi emisi dari produksi minyak dan gas, bukan mengurangi produksi minyak.

"Pengumuman baru Chevron tidak mewakili perubahan strategis yang sangat besar," kata Axel Dalman, seorang analis asosiasi dengan peneliti perubahan iklim Carbon Tracker. "Item utamanya adalah mereka berencana untuk membelanjakan lebih banyak untuk lini bisnis 'rendah karbon."

Selanjutnya: China Gelar Lelang Minyak Cadangan untuk Pertama Kalinya pada 24 September

 

Terbaru