Berita Market

Pergerakan Rupiah Hari Ini (27/4) Tertekan Aktivitas China Mengetat

Rabu, 27 April 2022 | 03:20 WIB
Pergerakan Rupiah Hari Ini (27/4) Tertekan Aktivitas China Mengetat

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketidakpastian ekonomi menyulut risk on dan berpotensi melemahkan rupiah. Pengetatan aktivitas masyarakat di China dan sikap The Federal Reserve (The Fed) semakin hawkish menjadi penyebab ketidakpastian.

Rupiah di pasar spot, Selasa (26/4), menguat 0,30% ke Rp 14.411 per dollar AS. Proyeksi Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf rupiah masih dibayangi sentimen negatif. "Penguatan sore ini karena profit taking saja, risiko bagi rupiah masih harus diwaspadai," kata Alwi, Selasa (26/4).

Sentimen negatif yang berpotensi mengerek pelemahan rupiah adalah pengetatan aktivitas di China yang menganggu pertumbuhan ekonominya dan berdampak negatif secara global.

Baca Juga: AS dan China Terancam Stagflasi, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia?

Kata ekonom Sucor Sekuritas, Ahmad Mikail Zaini, lockdown di China menyebabkan yen bertekuk lutut terhadap dollar AS. "Ada risiko cross currency, saat yen melemah rupiah juga berpotensi melemah terhadap dollar AS," ujarnya. Ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed lebih agresif, menambah sentimen negatif.

Alwi memprediksi rupiah hari ini di rentang Rp 14.390-Rp 14.440, dan proyeksi Mikail di kisaran Rp 14.480-Rp 14.490 per dollar AS. 

Terbaru