Berita Bisnis

Perusahaan Asuransi Berebut Berkah Ramadan dan Idul Fitri

Senin, 06 Mei 2019 | 09:12 WIB
Perusahaan Asuransi Berebut Berkah Ramadan dan Idul Fitri

Reporter: Ahmad Ghifari, Maizal Walfajri | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang momentum Lebaran, perusahaan asuransi umum bakal menikmati berkah. Premi asuransi umum lewat produk asuransi kendaraan dan kecelakaan diri jangka pendek akan meningkat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe mengatakan, permintaan produk itu dari tahun ke tahun menjelang mudik lebaran akan melonjak. Sayang, ia tak bisa menyebutkan jumlah kenaikan premi itu.

Chief Executive Officer Adira Insurance Julian Noor mengakui, memasuki bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, premi asuransi perjalanan bisa naik 20% dari bulan biasa. Adira sendiri sudah menyiapkan produk asuransi perjalanan. "Kami menyediakan tidak hanya kecelakaan saja saat perjalanan. Tapi juga kenyamanan mereka dalam perjalanan, misal keterlambatan pesawat juga dijamin," ujar Julian.

Ia menilai, traveling kini menjadi gaya hidup terutama milenial. Oleh sebab itu Adira Insurance menargetkan dapat meluncurkan produk asuransi untuk milenial jelang Lebaran 2019. "Milenial ingin produk yang sederhana, tidak terlalu mahal, tapi juga coverage mencukupi, ini yang kita lagi selesaikan. Sehingga bagi mereka gampang beli lewat handphone dan harga relatif murah," papar Julian.

Sementara, Direktur Utama Asuransi Aswata Christian Wanandi bilang, asuransinya baru memiliki asuransi perjalanan tahun ini. Kendati masih baru, ia berharap, lini bisnis ini mampu memberi kontribusi 5% dari total jumlah pendapatan premi sepanjang 2019. "Menjelang lebaran, strategi travel insurance akan kami jual lebih banyak lagi. Kami juga punya produk asuransi mudik. Jual lewat digital," ujar Christian

Sayang Christian belum mau merinci target premi produk musiman ini. Alasannya, produk ini masih dalam tahap perkenalan.

Asuransi Aswata sendiri menargetkan dapat meningkatkan perolehan premi 15% dari pencapaian tahun 2018. Kendati mulai mendorong bisnis asuransi perjalanan, tahun ini premi yang akan mendominasi kinerja perusahaan ini masih berasal dari properti dan kendaraan bermotor.

Terbaru