Berita Refleksi

Pinjol, Antara Anugerah dan Musibah?

Oleh Havid Vebri - Redaktur Pelaksana
Minggu, 09 Juli 2023 | 07:10 WIB
Pinjol, Antara Anugerah dan Musibah?

Reporter: Havid Vebri | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - Di zaman teknologi seperti sekarang ini semua hal menjadi serba mudah. Begitu pun dengan permodalan, kini masyarakat bisa dengan mudahnya mendapatkan pinjaman uang. Sesuatu yang mustahil terjadi di era teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang. Kemudahan itu datang dari tawaran aplikasi atau platform penyedia jasa pinjaman secara digital atau biasa disebut pinjaman online (pinjol). Semudah menjetikkan jari, begitu gampanganya masyarakat sekarang mendapat kucuran uang dari penyelenggara pinjol.

Dalam empat tahun terakhir, platform pinjol yang merupakan bagian dari layanan financial technology (fintech) ini bermunculan bak cendawan di musim hujan. Tak terbendung, hingga banyak aplikasi pinjol ilegal urut bergentayangan di gadget masyarakat. Kehadiran pinjol dalam menawarkan produk keuangan berbasis digital seolah membuka pintu baru bagi masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman. Berbanding terbalik dengan layanan pinjaman konvensional yang ditawarkan bank atau koperasi, pinjol menawarkan produk pinjaman dengan sangat mudah dan tanpa persyaratan yang rumit.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru
IHSG
7.283,50
0.16%
-11,60
LQ45
991,60
0.26%
-2,56
USD/IDR
15.630
-0,18
EMAS
1.135.000
0,09%