Berita Market

Proyeksi IHSG: Berpeluang Menguat Usai Demam Korona Mereda

Kamis, 30 Januari 2020 | 05:12 WIB
Proyeksi IHSG: Berpeluang Menguat Usai Demam Korona Mereda

ILUSTRASI. Karyawan melewati monitor pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Jumat (24/1/2020). IHSG ditutup melemah 0,08 persen atau 5,10 poin ke level 6.244,11. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin, Rabu (29/1), akhirnya rebound meski hanya naik tipis 0,03% menjadi 6.113,04.

Analis memperkirakan, IHSG akan melanjutkan penguatan pada hari ini.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, kenaikan IHSG tersebut mengindikasikan investor kembali rasional setelah dua hari sebelumnya terjadi panic selling sebagai dampak psikologis penyebaran virus korona.

Baca Juga: Restrukturitasi Utang KRAS Beres, Bank Pelat Merah Belum Sepenuhnya Lega

World Health Organization (WHO) telah menyatakan China mampu mengendalikan penyebaran virus korona sehingga turut meredam kekhawatiran investor

Data ekonomi Amerika Serikat (AS) juga menunjukkan hasil positif. "Hal ini memicu penguatan pada Wall Street sehingga memberi pengaruh positif ke IHSG," kata dia, kemarin.

Baca Juga: Sebanyak 50 Nasabah, Melaporkan Emco Asset Management ke Mabes Polri

Analis Indo Premier Sekuritas Mino menilai, IHSG hari ini bisa keluar dari posisi sideways bila berita virus korona masih positif dan laporan keuangan emiten di 2019 bagus. Dia memperkirakan IHSG hari ini menguat dengan rentang pergerakan 6.085-6.145.

Valdy memperkirakan IHSG hari ini akan bergerak di kisaran 6.075-6.130. Selain wabah korona, pasar juga akan menimbang hasil pertemuan The Fed dan pandangan moneternya.

 

Terbaru