Berita Market

Proyeksi IHSG: Bergantung pada Data Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 05 Februari 2020 | 04:38 WIB
Proyeksi IHSG: Bergantung pada Data Pertumbuhan Ekonomi

ILUSTRASI. Pengunjung beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/2/2020)). IHSG ditutup menguat 0,70 persen atau 41,01 poin ke level 5.925,18 menjelang penutupan perdagangan h

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat 0,64% ke level 5.922,33 pada penutupan perdagangan Selasa (4/2).

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG menguat karena investor merespons positif sejumlah upaya Pemerintah Tiongkok dalam meredam kekhawatiran dampak ekonomi akibat wabah virus kcrona baru.

Baca Juga: Asing beli bersih, IHSG menguat 0,65% ke level 5.922 pada akhir perdagangan hari ini

Menurut Analis Bina Artha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji, meski penyebaran virus corona kian agresif, sejauh ini wabah virus mematikan itu tidak sampai ke dalam negeri. Ini membuka keyakinan para pelaku pasar untuk memanfaatkan aksi beli. Sehingga, kinerja IHSG kemarin terapresiasi dengan baik.

Valdy bilang, perkembangan virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian Tiongkok masih akan memengaruhi pergerakan IHSG dalam beberapa hari ke depan. 

Baca Juga: Singapura umumkan enam kasus virus corona, salah satunya TKI

"Dari dalam negeri, investor menunggu data pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019," imbuh Valdy. Data pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 akan dirilis hari ini.

Valdy memproyeksikan, IHSG hari ini bergerak dalam rentang support-resistance masing-masing 5.875-6.000, dengan kecenderungan menguji resistance. Sedang Nafan meramal, IHSG menguat dengan level support 5.882 dan resistance 5.988.

 

Terbaru