Berita Market

Rupiah Pekan Ini Terimbas Pertemuan The Fed dan PPKM

Sabtu, 31 Juli 2021 | 05:10 WIB
Rupiah Pekan Ini Terimbas Pertemuan The Fed dan PPKM

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) menjadi sentimen utama yang mempengaruhi pergerakan rupiah minggu ini. Jumat (30/7), kurs rupiah di pasar spot menguat 0,14% di Rp 14.463. Sedangkan, selama satu minggu ini, rupiah menguat 0,21% dari Rp 14.493 per dollar AS.

Sedangkan kurs referensi Jisdor pada Jumat (30/7) menguat 0,2% jadi Rp 14.462 per dollar AS. Selama sepekan, kurs Jisdor menguat sekitar 0,27%. 

Ekonom Sucor Sekuritas Ahmad Mikail menilai, pernyataan Gubernur The Fed yang tidak terlalu dovish membuat rupiah bergerak cukup stabil. "Menurut pernyataan The Fed, bank sentral AS akan tetap memperhatikan data ekonomi dan belum memutuskan akan menghentikan stimulus moneter," kata dia, Jumat (30/7).

Baca Juga: Penguatan rupiah pekan ini ditopang keputusan The Fed

Selain itu, menurut Ahmad, produk domestik bruto (PDB) AS dirilis di bawah konsensus analis. Ini memberikan tanda bahwa pasar memperkirakan The Fed akan melanjutkan program stimulus. "Karena ekonomi AS tidak sekuat yang diperkirakan," kata dia. Sedangkan, dari dalam negeri dia melihat, rupiah dipengaruhi efek PPKM. 

Research & Education Coordinator Valbury Asia Futures Nanang Wahyudin menilai, setelah pemerintah sedikit melonggarkan PPKM dan laporan keuangan emiten dalam negeri cukup oke, rupiah menjadi lebih bertenaga. "Ada 25 perusahaan yang sudah merilis laporan keuangan dan hasilnya memuaskan," kata dia. Alhasil, rupiah dalam sepekan ini bergerak cukup positif. 


Baca juga