Berita Saham

Saham GOTO Tiba-Tiba Terbang

Kamis, 01 Juni 2023 | 04:25 WIB
Saham GOTO Tiba-Tiba Terbang

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) tiba-tiba melesat di akhir perdagangan Rabu (31/5). Padahal sepanjang hari saham emiten teknologi ini bergerak di kisaran Rp 104-Rp 109. Tapi pada pukul 16.00 WIB ada transaksi di pasar reguler di harga Rp 147 per saham. Efeknya harga saham GOTO ditutup meroket 34,86% dengan nilai transaksi Rp 6,44 triliun. 

Pihak yang melakukan transaksi dibantu oleh Maybank Sekuritas Indonesia dengan total nilai beli Rp 1,89 triliun melibatkan 127,9 juta lot saham GOTO di harga Rp 147. Sedangkan penjual, CLSA Indonesia. 

Baca Juga: Saham GOTO Tiba-tiba Terbang 35% Hingga ARA, Efek Rebalancing Indeks MSCI?

Lonjakan saham GOTO ini ditengarai efek rebalancing indeks MSCI. "Informasi dari pasar rebalancing," kata Irvan Susandy, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam pesan singkat, Rabu (31/5).  GOTO memang resmi masuk dalam konstituen MSCI Global Standard Index yang berlaku 31 Mei 2023. 

Mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Hasan Zein Mahmud berpendapat, efek rebalancing MSCI menjadi pemantik pergerakan saham GOTO. ETF Index Fund harus memperhitungkan harga GOTO dalam nilai portofolio mereka dan mayoritas investor besar asing memanfaatkan bursa saham Indonesia melalui reksadana indeks. 

Menurut Hasan, kapitalisasi pasar dalam negeri masih mikro dan bobot saham saham BEI dalam MSCI hanya 2%. Sehingga gampang dikerek dan dibanting.  
 

 

Terbaru