Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif Berlangganan Sekarang
Berita Global

Saham Produsen Senjata Api Menguat Seiring dengan Prediksi Biden Terpilih

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 11:39 WIB
Saham Produsen Senjata Api Menguat Seiring dengan Prediksi Biden Terpilih

ILUSTRASI. Calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden saat kampanye di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Kamis (8/10/2020). REUTERS/Kevin Lamarque

KONTAN.CO.ID - NEW YORK (Reuters). Saham pembuat senjata api semakin menguat saat kandidat Demokrat Joe Biden memimpin jajak pendapat. Jika Biden memenangkan pemilihan presiden pada awal November, penjualan senjata diperkirakan akan melonjak, mendorong penguatan saham lebih tinggi lagi.

Saham Smith & Wesson Brands  dan Sturm Ruger masing-masing menguat sekitar 8% sejak akhir September. Kenaikan dua saham tersebut mencerminkan keunggulan Biden yang melebar dalam jajak pendapat sejak debatnya melawan Presiden Donald Trump. Di periode yang sama, indeks S&P 500 hanya naik 4%.

Baca Juga: Donald Trump puji Vladimir Putin dan Kim Jong Un, begini katanya

Kekhawatiran tentang pandemi virus corona, kerusuhan sipil terkait protes atas ketidakadilan rasial, dan kekhawatiran tentang sengketa hasil pemilihan presiden menciptakan lonjakan permintaan terhadap senjata tahun ini. CEO Smith & Wesson Mark Smith bulan lalu mengatakan bahwa industri tersebut tidak dapat memenuhi permintaan.

Kemenangan Biden dan wakil presidennya Kamala Harris, yang mendukung pengetatan regulasi senjata, dapat memicu permintaan senjata api - dan saham pembuat senjata api. Terutama jika Partai Demokrat merebut kendali Senat dari Partai Republik, hingga memiliki suara mayoritas di kedua majelis. Kongres dan mempermudah untuk menyetujui undang-undang.

Baca Juga: Joe Biden beberkan isi pembicaraannya dengan investor kawakan Warren Buffett

“Jika kita melihat pemerintahan Biden-Harris terpilih, saya akan mengantisipasi lonjakan penjualan senapan api modern, magasin berkapasitas tinggi, dan amunisi yang sesuai,” kata analis Aegis Capital Rommel Dionisio, menggunakan istilah industri untuk senapan bergaya militer, produk senjata api yang memiliki margin tinggi.

Agregasi peluang taruhan oleh RealClearPolitics mencerminkan peluang 65% Biden akan mengalahkan Trump, naik dari 55% sebelum debat presiden 29 September.

Saham Smith & Wesson naik 135% tahun ini, sementara Sturm Ruger naik 51%.

Selanjutnya
Halaman   1 2
Reporter: Nathasya Elvira
Editor: Thomas Hadiwinata

Baca juga