Berita Aneka Industri

Seperti Tanpa Rem, Begini Alasan Kenapa Perusahaan Ban Menggelinding ke Vietnam

Minggu, 28 Januari 2024 | 06:10 WIB
Seperti Tanpa Rem, Begini Alasan Kenapa Perusahaan Ban Menggelinding ke Vietnam

ILUSTRASI. Target penjualan Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) 2011: Proses produksi ban di pabrik PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA), Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/12). MASA menganggarkan dana sebesar US$ 129 juta untuk menggenjot produksi ban mobil dari 17.500 ban per hari menjadi 28.500 ban per hari dan produksi ban sepeda motor 16.000 per hari. MASA menargetkan penjualan sebesar Rp 3,2 triliun di tahun 2011. KONTAN/Baihaki/14/12/2010

Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

Wajah kuyu dan lemas tampak menyelimuti muka puluhan pegawai PT Hung A Indonesia, yang berkumpul di depan pabrik ban itu di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Puluhan pekerja dengan raut muka sedih itu terlihat jelas dalam video berdurasi 1 menit 5 detik yang viral di media sosial Rabu (17/1). Suasana haru makin kentara saat salah satu orang yang menyebut dirinya sebagai manajer personalia mengumumkan keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan yang memproduksi ban tersebut.

Tak hanya satu video saja, ada beberapa akun media sosial yang mengunggah video proses pengumuman PHK yang, dengan berat, diterima ribuan pekerja PT Hung A Indonesia itu. Januari 2024 menjadi bulan terakhir bagi ribuan pekerja pabrik Hung A yang sehari-hari terlibat dalam memproduksi ban untuk beragam merek ban, salah satunya Schwalbe.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru