Berita Market

Waspada IHSG Melorot Saat Pasar Antisipasi Tingginya Inflasi AS

Rabu, 12 Januari 2022 | 05:00 WIB
Waspada IHSG Melorot Saat Pasar Antisipasi Tingginya Inflasi AS

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan Selasa (11/1). Indeks  saham terpangkas 43,15 poin atau 0,64% ke level 6.647.97 pada akhir perdagangan.

Analis Sinarmas Sekuritas Winson Pangestu melihat, asing masih terus mengakumulasi saham Tanah Air. Net buy investor asing mencapai Rp 1,1 triliun kemarin.

Saham sektor energi menguat seiring dengan pembukaan kembali izin ekspor batubara bagi perusahaan yang sudah memenuhi domestic market obligation (DMO). "Penurunan IHSG lebih karena antisipasi rilis data inflasi AS yang dicermati pelaku pasar pada Rabu (12/1) malam," ujar Winson, Selasa (11/1).

Hari ini, Winson memprediksi pelemahan berlanjut. Investor diprediksi akan lebih berhati-hati jelang rilis data inflasi Amerika Serikat yang diperkirakan tetap tinggi.

"Jika benar sesuai dugaan, maka kenaikan suku bunga dan pengurangan neraca The Fed akan lebih cepat terjadi," imbuhnya.

Winson memperkirakan IHSG hari ini bergerak antara support 6.600 dan resistance 6.689. Sejumlah saham yang patut dicermati antara lain INDF, PTBA dan TLKM.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya juga memperkirakan IHSG akan lanjut terkoreksi dan bergerak di rentang 6.600-6.650. Alasannya, inflasi tahunan AS di Desember bisa mencapai 7%.

Sementara itu, Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki justru melihat IHSG berpotensi mengalami rebound teknikal, meski tidak signifikan. Hitungan dia, IHSG hari ini bergerak di rentang 6.613-6.755.

"Saham-saham kesehatan, pertambangan, keuangan dan teknologi bisa diperhatikan, karena berpotensi menjadi penggerak," tandas Achmad.

Sementara itu, Analis Reswara Gian Investa Kiswoyo Adi Joe menjagokan saham bank dan telekomunikasi, yaitu BBRI, BBNI, BMRI, TLKM. Proyeksi dia, IHSG hari ini bergerak di 6.600-6.750.

 

Terbaru