Berita Market

Ada Enam Emiten akan Membagi Dividen Ini Pilihan Terbaiknya

Selasa, 23 November 2021 | 04:00 WIB
Ada Enam Emiten akan Membagi Dividen Ini Pilihan Terbaiknya

Reporter: Kenia Intan | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pembagian dividen interim masih berlanjut. Di pekan ini saja, ada enam emiten yang mematok cum date dividen. 

Saham-saham itu adalah PT Surya Pertiwi Tbk (SPTO), PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR), PT Golden Energy Mines  Tbk (GEMS), PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA), dan PT Prima  Andalan Mandiri Tbk (MCOL), dan PT Kedawung Setia Industrial Tbk (KDSI).

Untuk SPTO dan POWR, cum date dividen interim sudah berakhir pada Senin, 22 November 2021 ini. Sementara GEMS dan CSRA cum date dividen interim akan berakhir pada Rabu, 24 November 2021. Adapun cum date dividen interim MCOL akan jatuh pada Kamis, 25 November 2021 dan cum date dividen interim KDSI tercatat pada 26 November 2021. 

Di pekan berikutnya juga masih ada beberapa emiten yang bakal membagikan dividen.

Baca Juga: Catat jadwal pembagian dividen Kedawung Setia (KDSI) Rp 10,12 miliar

Analis Kiwoom Sekuritas Sukarno Alatas mengungkapkan,  PT Prima  Andalan Mandiri Tbk (MCOL) membagikan dividen dengan yield cukup tinggi. Alhasil, dividen dari emiten tambang ini menarik untuk dicermati. Bila dihitung berdasarkan harga saham kemarin, yield dividen MCOL mencapai 5,72% per saham. 

Sukarno memperingatkan, investor perlu mewaspadai penurunan harga MCOL sebesar potensi besaran yield dividen pada saat ex date. Bagi investor yang sudah membeli saham MCOL di harga bawah, bisa memaksimalkan momentum kenaikan harga jelang cum date dividen interim dengan profit taking. 

Bagi investor yang mengincar dividen sekaligus menginginkan investasi jangka panjang, saham POWR bisa jadi pilihan. "Kinerja dan tren rasio profitabilitas bagus, serta tren penurunan rasio utang berlanjut," ujar Sukarno.

Harga saham POWR secara teknikal belum naik dan masih punya peluang di tengah konsolidasi saat ini. Sukarno memberikan rekomendasi buy POWR dengan target harga Rp 800 per saham. Investor pun disarankan memperhatikan risiko likuiditas perdagangan harian.

Baca Juga: Unilever Indonesia (UNVR) bagikan dividen interim Rp 2,51 triliun, ini jadwalnya

Emiten stabil 

Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana beranggapan, pembagian dividen menarik karena investor akan mengantongi cashflow. Tetapi, investor perlu mewaspadai potensi penurunan jangka pendek yang terjadi setelah cum date. 

Wawan menyebut, idealnya dividen menjadi strategi pendapatan investasi jangka panjang. Sebab, sepanjang investor terus memegang suatu saham dan pendapatan emiten meningkat, dividend payout ratio akan naik setiap tahun.  

Pembagian dividen yang besar menunjukkan emiten tak menambah modal dan ekspansi.  "Umumnya emiten yang melakukan hal ini bisnisnya sudah cenderung stabil," imbuh Wawan.

Wawan menilai dividen GEMS menarik. Dalam jangka panjang, seiring prospek pemulihan ekonomi, kebutuhan energi akan meningkat dan sektor batubara akan atraktif. 

Wawan menambahkan, ramainya emiten menebar dividen interim akhir-akhir ini mencerminkan pendapatan rata-rata emiten sepanjang tahun 2021 mengalami perbaikan. Emiten perlu mencetak keuntungan untuk bisa membagikan dividen interim.       

Baca Juga: 6 emiten cum date dividen interim pada pekan ini, catat jadwalnya

Terbaru