KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai meredanya kasus positif Covid-19 membuat penjualan produk asuransi jiwa melalui bank atau biasa dikenal bancassurance semakin meningkat. Dari data, bancassurance menyumbang premi paling besar dibandingkan kanal lain.
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatatkan premi dari bancassurance mencapai Rp 48,23 triliun, atau meningkat 27,3% yoy per kuartal II-2021. Kanal ini menyumbang porsi terbesar, mencapai 46% terhadap total premi industri.
Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI menjelaskan, peningkatan premi dari kanal bancassurance, merupakan bagian dari pemulihan kinerja industri yang pihaknya sambut dengan baik. "Kinerja baik dari kanal distribusi bancassurance ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi masih tinggi," kata Togar, Jumat (12/11) lalu.
Kinerja kanal bancassurance BNI Life sampai dengan Oktober 2021 juga mengalami kenaikan 12,5% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau mencapai lebih dari Rp 2,5 triliun.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan