Berita *Global

Atasi Gangguan Lockdown di China, Ekspor Korsel Tumbuh Tinggi di Bulan Mei

Rabu, 01 Juni 2022 | 13:45 WIB
Atasi Gangguan Lockdown di China, Ekspor Korsel Tumbuh Tinggi di Bulan Mei

ILUSTRASI. Pabrik masker wajah di Icheon, Korea Selatan, 6 Maret 2020. REUTERS/Heo Ran

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Ekspor Korea Selatan (Korsel) sepanjang Mei tumbuh dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan sebulan sebelumnya. Peningkatan pengiriman ke Eropa dan Amerika Serikat (AS) mampu mengimbangi perdagangannya dengan China yang terganggu akibat pembatasan ketat Covid-19.

Ekspor Korsel naik 21,3% dalam basis tahunan menjadi US$ 61,52 miliar, demikian ditunjukkan data kementerian perdagangan pada Rabu. Kenaikan itu lebih tinggi dibandingkan realisasi di April, yaitu 12,9% dan proyeksi para ekonom dalam jajak pendapat Reuters, yaitu 19,3%.

Korsel merupakan yang pertama di antara negara-negara eksportir utama yang merilis data perdagangan bulanan. Data negeri itu pun kerap dianggap sebagai indikator perdagangan dunia.

Pengiriman Korsel ke AS melonjak 29,2% dari tahun sebelumnya, di atas 26,6% untuk April. Sementara ekspor ke Uni Eropa naik 23,5%.

Baca Juga: Wakil Gubernur BOJ Menyatakan Kebijakan Super Longgar Tetap Relevan

Penguncian di China telah mengganggu logistik dan rantai pasokan, memukul perdagangan di kawasan itu.

Ekspor ke China hanya tumbuh 1,2% di bulan Mei dari tahun sebelumnya setelah turun 3,4% di bulan April.

Impor, sementara itu, melonjak 32,0% menjadi $63,22 miliar. Itu membawa neraca perdagangan menjadi defisit $1,71 miliar, setelah mencatat defisit $2,51 miliar pada April.

"Semoga tahun ini memiliki lebih banyak hari kerja dibandingkan tahun lalu. Ekspor ke AS dan Eropa terus kuat, meskipun ekspor dan pengiriman tujuan China ke Hong Kong tetap lemah di tengah kebijakan COVID mereka," kata Park Sang-hyun, seorang analis di HI Investment & Securities.

Baca Juga: Kendati Belanja Korporasi Meningkat, PDB Jepang Diproyeksikan Revisi ke Bawah

"Ke depan, risiko terbesar terhadap siklus ekspor Korea Selatan adalah China."

Data perdagangan Rabu datang karena Bank of Korea menyampaikan kenaikan suku bunga berturut-turut minggu lalu untuk membawa inflasi konsumen turun dari tertinggi 13 tahun. 

Bank sentral juga menurunkan perkiraan pertumbuhan negara untuk tahun ini menjadi 2,7% dari perkiraan sebelumnya sebesar 3,0%, karena melihat permintaan global yang lebih lambat menghambat ekspor Korea Selatan di paruh kedua.

Terbaru