Bangun Basis Produksi di Indonesia, Penjualan Mobil Merek Non-Jepang Kian Melaju

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia kian dilirik untuk menjadi basis produksi kendaraan bermotor. Bukan hanya pabrikan lawas asal Jepang, merek non-Jepang seperti Korea Selatan dan Tiongkok juga membidik Indonesia. Lihat saja, Hyundai (Korsel) dan Wuling (Tiongkok) membenamkan investasinya dengan membangun fasilitas produksi di Indonesia.
Langkah tersebut membuahkan hasil. Setidaknya, penjualan mobil brand non-Jepang semakin melaju. Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel mobil brand Hyundai (Hyundai Motors Indonesia/HMID) mencapai 7.766 unit di sepanjang Januari-Mei 2022. Jumlah itu melesat 880,6% dibandingkan realisasi penjualan mobil Hyundai periode Januari-Mei 2021 sebanyak 792 unit.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan