Berita Bisnis

Ciputra (CTRA) Optimistis Prospek Industri Properti Mulai Cerah di Paruh Kedua 2019

Selasa, 11 Juni 2019 | 07:50 WIB
Ciputra (CTRA) Optimistis Prospek Industri Properti Mulai Cerah di Paruh Kedua 2019

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek pasar properti yang sempat lesu dalam beberapa bulan terakhir agaknya bakal kembali bergairah setelah Lebaran atau pada semester kedua tahun ini. Banyak faktor yang turut mempengaruhi pasar, termasuk kepastian hukum dan politik terkait pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

Memang, saat ini konsumen dan investor properti masih wait and see. Maklum, pada kuartal kedua ini fokus belanja masyarakat masih terkait kebutuhan lebaran dan alokasi biaya masuk sekolah.

Tengok saja, sepanjang semester I 2019, kinerja PT Ciputra Development Tbk (CTRA) juga belum beranjak signifikan. Namun, Direktur PT Ciputra Development Tbk, Harun Hajadi, mengharapkan penjualan properti bakal menanjak mulai semester kedua nanti. "Proyeksi kami dari awal tahun memang semester dua akan lebih tinggi. Apalagi di semester pertama ada momentum pemilu, puasa, juga ada pendaftaran anak sekolah," ungkap dia kepada KONTAN, beberapa waktu lalu.

Manajemen Ciputra Development belum mau menyebutkan perolehan penjualan pemasaran atau marketing sales di sepanjang semester pertama tahun ini.

Namun, Harun mengharapkan pada semester kedua nanti, khususnya setelah Idul Fitri, penjualan properti mulai ramai. Bisnis properti akan semakin terdorong apabila pertumbuhan ekonomi nasional bisa stabil.

Berdasarkan catatan KONTAN, Ciputra Development memproyeksikan marketing sales di kuartal II-2019 setara atau bahkan lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada kuartal I-2019.

Atas dasar itu, manajemen emiten ini masih tetap optimistis menjalani bisnis di sepanjang tahun 2019. Buktinya, perusahaan properti yang masuk indeks Kompas100 ini, berniat meluncurkan tiga proyek baru hingga akhir tahun nanti.

Tahun ini, CTRA sudah meluncurkan North West Park di Citraland Surabaya. Dari proyek tersebut, Ciputra Development meraup marketing sales senilai Rp 430 miliar.

Hingga kuartal I-2019, CTRA mencatatkan total marketing sales mencapai Rp 1,1 triliun. Angka ini setara 18% dari target marketing sales 2019 yang sebesar Rp 6,02 triliun.

Selain proyek North West Park, CTRA menggarap sejumlah proyek yang menjadi sumber recurring income atau pendapatan berulang. Misalnya proyek Mal Ciputra Grogol, Mal Ciputra Semarang, Mal Ciputra World Jakarta, Mal Ciputra World Surabaya, dan beberapa hotel dan gedung perkantoran, yang sedang mereka kembangkan.

Terbaru