Berita Global

Gapai Kesepakatan dengan Kreditur, Noble Kurangi Beban Utang

Jumat, 17 Desember 2021 | 11:54 WIB
Gapai Kesepakatan dengan Kreditur, Noble Kurangi Beban Utang

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - HONGKONG. Noble Group Holdings Ltd pada Jumat (17/12) mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan beberapa krediturnya, yang berdampak ke pemangkasan utangnya  secara signifikan. Ini merupakan bagian dari restrukturisasi yang dilakukan perusahaan yang berbasis di Hong Kong itu untuk meningkatkan bisnis utamanya, yaitu perdagangan komoditas.

Di bawah rencana restrukturisasi, obligasi perusahaan yang jatuh tempo pada tahun 2023, senilai US$ 661 juta dalam pokok dan bunga, akan dipertukarkan dengan surat utang baru bernilai US$ 350 juta. Pemegang obligasi juga akan mendapatkan setidaknya 97,5% saham di perusahaan induk baru.

Rencana tersebut juga mengharuskan pemegang obligasi senilai US$ 344 juta dan jatuh tempo pada tahun 2025 untuk menukar efek tersebut dengan 2,5% kepemilikan di perusahaan induk yang baru, berikut hak untuk mengakuisisi lebih banyak, kata pernyataan perusahaan.

Pertukaran diharapkan selesai pada Maret 2022, katanya. Perusahaan menambahkan selain debt to equity swap, pendanaan pembiayaan perdagangan perusahaan perdagangan juga telah ditingkatkan dari $350 juta menjadi $450 juta untuk membantu meningkatkan operasinya.

Baca Juga: Begini Perkembangan Restrukturisasi Kredit Perbankan Hingga Oktober 2021

"Dari perspektif neraca fundamental, ini adalah transaksi komprehensif untuk mendapatkan struktur modal yang kami yakini berkelanjutan untuk jangka panjang," kata Matt Hinds, ketua eksekutif Noble Group Holdings.

Noble Group Ltd, mantan perusahaan induk grup dan pernah menjadi pedagang komoditas terbesar di Asia, melihat nilai pasarnya hilang dari US$ 6 miliar pada Februari 2015 setelah Iceberg Research mengeluarkan laporan yang menuduhnya menggelembungkan asetnya.

Untuk menyelamatkan dirinya sendiri, Noble Group Ltd, yang sedang menjalani proses penutupan di Bermuda, menjual aset miliaran dolar, melakukan writedown yang besar dan memotong ratusan pekerjaan selama beberapa tahun terakhir, sambil mempertahankan praktik akuntansinya.

Noble Group Holdings Ltd didirikan pada akhir 2018 sebagai bagian dari proses restrukturisasi utang-untuk-ekuitas.

Terbaru