Sejak pertengahan tahun 2015, tren konsumsi alas kaki domestik mulai bergeser signifikan. Istilah local pride atau bangga memakai produk lokal mulai menjamur, seiring dengan hadirnya jenama lokal. Saat itu pula, banyak dukungan yang dilakukan public figure, sebut saja Presiden Joko Widodo yang kerap blusukan ditemani sepatu produksi lokal.
Beberapa merek sepatu lokal itu seperti; Saint Barkley, NAH project, hingga Fine Counsel pernah diendorse kepala negara. Alhasil, merek-merek tersebut mulai akrab di telinga masyarakat.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.