Berita Global

General Atlantic Siapkan Investasi hingga US$ 2 Miliar di India dan Asia Tenggara

Senin, 23 Mei 2022 | 16:04 WIB
General Atlantic Siapkan Investasi hingga US$ 2 Miliar di India dan Asia Tenggara

ILUSTRASI. Petugas keamanan melintas di depan pintu berlogo National Stock Exchange (NSE) di Mumbai, India, 28 Mei 2019. REUTERS/Francis Mascarenhas

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - DAVOS. General Atlantic berencana menanamkan dana hingga US$ 2 miliar di berbagai startup di kawasan India dan Asia Tenggara selama dua tahun ke depan. Rencana itu muncul menyusul penurunan valuasi di kawasan, demikian penuturan seorang eksekutif senior ke Reuters.

Perusahaan sedang dalam pembicaraan investasi tahap awal dengan sekitar 15 perusahaan di sektor-sektor termasuk teknologi, jasa keuangan, ritel dan konsumen, tutur Sandeep Naik, kepala bisnis General Atlantic di India dan Asia Tenggara.

Pasar untuk startup, terutama di India, sedang mengalami masa sulit. Setelah mengumpulkan rekor US$ 35 miliar pada tahun 2021, para founder berjuang untuk menarik uang tunai, memicu kekhawatiran akan penilaian yang lebih rendah dan memaksa beberapa untuk memangkas pekerjaan. 

Baca Juga: Xiaomi & Leica Umumkan Kerja Sama Strategis Ciptakan Era Baru Mobile Imaging

Setelah menginvestasikan hanya US$ 190 juta di perusahaan rintisan India pada tahun 2021, angka tahunan terendah yang pernah ada, General Atlantic sekarang siap untuk melonggarkan dompetnya, kata Naik dalam sebuah wawancara di Forum Ekonomi Dunia di resor ski Swiss, Davos.

"Realisme sedang terjadi. Kami menunggu penciptaan nilai terjadi. Kami sekarang siap," kata Naik tentang rencana General Atlantic untuk India dan Asia Tenggara. Di kawasan India dan Asia Tenggara, perusahaan itu memiliki investasi lebih dari US$ 4,5 miliar, yang sebagian besar berada di India.

"Kami sangat optimistis di India, Indonesia dan Vietnam," tambah Naik, sambil menolak menyebutkan nama perusahaan mana pun yang dilihatnya.

Investasi General Atlantic di India yang ternama seperti Byju's. Ini merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan bimbingan belajar online di negara di mana penggunaan internet dan smartphone sedang booming dan bernilai sekitar $22 miliar.

Baca Juga: Apple Berencana Kurangi Ketergantungan pada Produksi China

Itu juga telah berinvestasi di Reliance Retail, pengecer terbesar di India. Di Asia Tenggara, portofolionya mencakup pengecer makanan dan minuman Indonesia PT MAP Boga Adiperkasa dan platform hiburan sosial Kumu di Filipina.

Banyak perusahaan teknologi secara global telah menderita dalam beberapa pekan terakhir karena konflik di Ukraina dan kenaikan suku bunga memukul sentimen investor. SoftBank Jepang telah melaporkan rekor kerugian $26,2 miliar di lengan investasi Vision Fund-nya.

Mengingat lingkungan pasar yang sulit dan valuasi yang jatuh, General Atlantic menasihati semua perusahaan portofolionya untuk melihat peluang konsolidasi.

"Sekarang adalah waktu terbaik untuk mengkonsolidasikan. Dari kuat menjadi semakin kuat," kata Naik.

Terbaru