Berita

IGD Penuh, Lirik Tawaran Paket Isoman untuk Pasien Covid-19

Rabu, 30 Juni 2021 | 06:00 WIB
IGD Penuh, Lirik Tawaran Paket Isoman untuk Pasien Covid-19

Reporter: Venny Suryanto, Ramadhan Sultan , Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Rumah sakit kini kesulitan menampung pasien Covid-19. Mereka terus kedatangan pasien untuk dirawat, namun tak semua bisa ditangani. Untuk itu, beberapa rumah sakit memberikan layanan paket isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), misalnya, menyediakan layanan dan paket isoman di rumah untuk pasien positif Covid-19.  
 
Direktur HEAL Aristo Setiawidjaja menjelaskan pihaknya menyediakan satu paket isoman bagi pasien Covid-19. Harganya Rp 600.000 per 10 hari. Paket itu mencakup fasilitas lima kali telekonsultasi dengan dokter umum per dua hari, kemudian dua kali telekonsultasi dengan dokter spesialis paru atau penyakit dalam per lima hari serta satu kali telekonsultasi ahli gizi. “Paket yang kami hadirkan paket isoman di rumah,” jelas dia, Senin (28/6). 
 
Di sisi lain, Aristo menyampaikan HEAL mencatatkan kenaikan okupansi bed atau kasur untuk pasien Covid-19 yang mencapai 90% dibandingkan dengan tahun lalu. 
 
Dia menambahkan, Hermina saat ini tidak melakukan kerja sama dengan pengelola hotel untuk menawarkan paket isoman. 
 
Sementara Head of Marketign & Corporate Communication Primaya Hospital Group, Hanie Dewita menjelaskan, saat ini pihaknya memang sudah menyediakan paket isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.
 
Harga yang ditawarkan berbeda-beda sesuai lokasi rumah sakit, di antaranya Bekasi Utara mulai dari Rp 8,5 juta per 14 hari dengan fasilitas kunjungan dokter dan perawat, telekomunikasi dokter umum, swab PCR dan rapid antigen, serta obat-obatan yang dibutuhkan. 
 
Selain itu, Primaya Hospital Tangerang menawarkan harga isoman mulai dari Rp 4.5 juta per 7 hari dan Rp 8,5 juta per 14 hari. Kemudian, Primaya Hospital Makassar Rp 8,5 juta per 14 hari. Fasilitasnya yakni kunjungan dokter dan perawat, tes PCR, pemeriksaan darah, hingga paket obat-obatan. 
 
“Sampai saat ini permintaan bed di rumah sakit memang penuh, bahkan hingga mengalami antrean untuk pasien Covid-19,” ujar dia saat dihubungi KONTAN, Senin (28/6). 
 
Adapun untuk permintaan bed atau kasur rumah sakit, Hanie mengatakan pihaknya terus berupaya menambah jumlah bed untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan Covid-19. 
 
Selain itu, Primaya Hospital bekerja sama dengan Hotel Ibis Styles Cikarang dengan tawaran harga paket isoman Rp 8,5 juta per 7 hari, Rp 4 juta per 14 hari dan Rp 3,2 juta per 14 hari dengan fasilitas yang berbeda-beda. 
 
Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya juga menawarkan tempat isolasi mandiri dan rawat inap Covid-19. Kepala Divisi Marketing RS Gotong Royong Michael bilang, ruang isoman dan rawat inap Covid-19 itu berbeda. 
 
Kata dia, RS Gotong Royong memiliki total ruangan isolasi mandiri sebanyak 15 ruangan. Bila satu ruangan diisi dengan 1 pasien, maka total pasien Covid-19 terdapat 15 orang. Namun, bila ruangan diisi 2 orang, maka total pasien Covid-19 menjadi 30 orang. Fasilitas untuk tempat isolasi mandiri menawarkan harga Rp 500.000 per hari.
 
“Untuk ruangan isoman bisa tanpa DP dahulu, namun waiting list. Kami tidak bisa prediksi karena jangka waktu isoman untuk pulang setiap pasien berbeda-beda,” ucap Michael.    

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru
IHSG
7.087,32
1.11%
-79,50
LQ45
920,31
1.62%
-15,20
USD/IDR
16.177
-0,39
EMAS
1.347.000
0,15%
Terpopuler