Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif
Berita Infografik

Ini Perbandingan Rasio Dividen Exxon dengan Raksasa Migas Lain di Dunia

Selasa, 03 November 2020 | 22:53 WIB
Ini Perbandingan Rasio Dividen Exxon dengan Raksasa Migas Lain di Dunia

ILUSTRASI. Infografik: Perbandingan rasio dividen di antara perusahaan migas global

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Exxon Mobil Corporation kini dalam sorotan. Prospek raksasa energi asal Amerika Serikat itu terlihat begitu suram di tahun ini.

Melandainya permintaan terhadap minyak mentah dan produk bahan bakar, akibat ekonomi yang lesu di masa pandemi, menekan kinerja Exxon di sepanjang tahun ini.

Untuk kuartal ketiga tahun ini, Exxon membukukan kerugian sebesar US$ 0,15 per saham. Setelah disesuaikan dengan one-time-item, nilai kerugian itu naik menjadi US$ 0,18 per saham.

Kerugian itu memang lebih kecil dibandingkan dengan konsensus rugi per saham versi analis di Wall Street, yaitu US$ 0,25 per saham. Demikian juga untuk top line. Di kuartal ketiga Exxon melaporkan pendapatan senilai US$ 46,2 miliar, sedikit di atas perkiraan para analis, yaitu US$ 46 miliar.

Baca Juga: Harga minyak tergelincir lagi, WTI ke US$ 36,72 dan Brent jadi US$ 38,81 per barel

Namun yang menjadi catatan para analis, ini adalah kali ketiga secara berturut-turut Exxon membukukan kerugian. Rekor kerugian terpanjang yang pernah dialami Exxon.

Di antara saham-saham sektor energi lain, saham Exxon termasuk yang paling dijauhi para investor. Mengutip Reuters, harga saham Exxon di akhir Oktober lalu, tinggal separuh dari harganya di saat yang sama tahun lalu. Saham Exxon pun terpuruk di posisi terendahnya selama satu dekade terakhir.

Jika di masa lalu, Exxon pernah menyandang gelar sebagai emiten dengan nilai kapitalisasi terbesar di AS, maka di masa kini Exxon gagal juara, bahkan, di antara kelompok saham energi sekalipun.

Selanjutnya
Halaman   1 2
Reporter: Thomas Hadiwinata
Editor: Thomas Hadiwinata

Baca juga