Berita *Global

Jelang Kenaikan Bunga Fed, S&P Mengafirmasi Peringkat Utang AS

Rabu, 09 Maret 2022 | 10:23 WIB
Jelang Kenaikan Bunga Fed, S&P Mengafirmasi Peringkat Utang AS

ILUSTRASI. Gedung Federal Reserve di Constitution Avenue, Washington, AS, 19 Maret 2019. REUTERS/Leah Millis

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID. S&P Global pada Selasa mengafirmasi peringkat utang negara Amerika Serikat (AS) adalah  “AA+/A-1+.”Kendati tengah berada dalam tekanan inflasi, AS dinilai layak mendapat peringkat tertinggi kedua di dunia.

Ekonomi AS diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tertinggi selama hampir empat dekade. Perputaran ekonomi negeri itu terdorong oleh paket stimulus fiskal besar-besaran serta suku bunga yang sangat rendah.

S&P menegaskan peringkat tersebut sejalan dengan proyeksi tentang rencana bank sentral AS mengerek naik suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Pengetatan moneter itu bertujuan untuk mengatasi inflasi yang baru-baru ini melaju hingga mencetak rekor baru.

 Baca Juga: AS Melarang Pembelian dari Rusia, Harga Minyak Bertahan Tinggi

Lembaga pemeringkat kredit memperingatkan bahwa mereka dapat menurunkan peringkat selama dua tahun-tiga tahun ke depan jika "perkembangan politik negatif yang tidak terduga membebani ketahanan lembaga-lembaga Amerika," atau "membahayakan status dolar sebagai mata uang cadangan terkemuka dunia."

Namun, ia mengatakan itu juga dapat menaikkan peringkat "jika pembuatan kebijakan publik yang efektif dan proaktif menghasilkan peningkatan kinerja fiskal" yang membalikkan kemerosotan dalam keuangan publik negara itu.

S&P Global mempertahankan prospek negaranya stabil di tengah ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang moderat seiring meredanya pandemi virus corona.

Lembaga pemeringkat mengatakan mereka memperkirakan pertumbuhan PDB pada 2022 melambat menuju 3% dari pertumbuhan 5,7% pada 2021.

Terbaru